Beranda Asosiasi Pertambangan APNI Sukses Gol kan INPI dan RKAB Tiga Tahun

APNI Sukses Gol kan INPI dan RKAB Tiga Tahun

4370
0
Rapat Pengurus DPP APNI, Laporan Kinerja 2023, di Gedung DPP APNI, Jakarta Pusat, Selasa (16/1/2024). Dokumentasi APNI/MNI

NIEKL.CO.ID, JAKARTA – Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI) menerima masukan dan saran dari para pengurus APNI dalam kegiatan acara Rapat Kerja, Laporan Tahunan APNI 2023 dan Rencana Agenda tahun 2024 pada Selasa, (16/1/2024).

Acara dibuka dan dipimpin langsung oleh Ketua Umum APNI, Drs. Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna yang mengatakan bahwa sesuai arahan, hari ini akan diadakan rapat Laporan Kinerja APNI 2023.

“Kita laksanakan lebih cepat lebih bagus. Sukses, bahagia, berkah dan sukses berkarir, sukses jabatan, bahagia hatinya, dan berkah,” kata Nanan saat membuka acara di Gedung DPP APNI, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Dia menambahkan, ucapan terima kasih kepada pengurus lainnya yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri rapat ini, termasuk kepada anggota khusus. “Terima kasih kepada Prof. Irwandy Arif yang sudah menjadi anggota khusus APNI,” tambahnya.

Menurutnya, secara khusus dia mengucapkan terima kasih kepada Sekretaris Umum (Sekum) APNI Meidy Katrin Lengkey yang telah berjuang luar biasa. Selain itu juga kepada pengurus lainnya yang sudah menyelesaikan pekerjaan-pekerjaannya. Dirinya selalu terbiasa dengan hal yang positif sehingga mendapatkan resolusi yang terbaik.

“Tapi apapun kekurangan atau masalah itu, kita jadikan peluang biar bisa jadi positif, dan solutif,” ujarnya.

Sekum APNI, Meidy Katrin Lengkey, memaparkan laporan kinerja Tahunan APNI untuk tahun 2023 secara ringkas dan gamblang dihadapan para pegurus APNI. Ada berbagai pencapaian yang sudah dilakukan APNI dan laporan keuangan organisasi yang cukup positif.

“Ini sekedar summary saja, apa yang sudah kita lakukan di tahun 2023. Kemudian kita ulang tahun APNI, bahkan ulang tahun itu luar biasa meriah, gabung dengan golf. Kegiatan yang paling menonjol juga waktu kita mengerjakan kerja sama conference international, dengan SMM di bulan Mei, yang dibuka oleh Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Lalu yang paling fantastis lagi adalah tahun ini berhasil mendorong pemerintah dalam hal ini, Kementerian ESDM, Kemenko Marves untuk merealiasikan RKAB 3 tahun,” papar Meidy.

Dia menjelaskan, RKAB 3 tahun yang diinisiasi APNI ini bermula diajukan per 5 tahun dan didiskusikan bersama Komisi Vll DPR RI, Asosiasi lintas pertambangan yang akhrinya disepakati dari 1 tahun menjadi RKAB 3 tahun. Selain RKAB, APNI berhasil melahirkan Indonesia Nickel Price Indexs (INPI) yang merupakan penentu patokan harga komoditas nikel dalam negeri yang bersejarah bagi dunia pertambangan Indonesia maupun internasional. INPI sendiri di lounching pada 17 November 2023 di Bali, Indonesia.

Selanjutnya, Training of Trainers (TOT) APNI berhasil dilaksanakan dua kali sepanjang 2023, di bulan Mei dan Oktober, acara KTT Summit Bali bekerja sama dengan Shanghai Metals Market (SMM). Dari berbagai pencapaian itu, APNI banyak dikenal oleh berbagai organisasi pemerintah maupun swasta baik domestik maupun internasional. Sehingga ratusan undangan dikirim ke APNI untuk hadir, baik sebagai peserta bahkan sebagai pembicara di forum global.

Selain itu, menurutnya, APNI berhasil me-launching INPI saat acara Summit International Bali bekerja sama antara APNI dan SMM dihadapan Ketua APNI, Presiden Senior SMM bersama jajaran pemerintah yang diwakili oleh Direktorat Jenderal Minerba Kementerian ESDM Tri Winarno, Kementerian Investasi BKPM Hasyim Daeng Barang dan Kemenko Marves Tubagus Nugraha.

Dia menjelaskan berbagai capaian yang membawa harum Indonesia di kancah internasional memberikan kebanggaan sendiri bagi APNI. “Impian kita di luar negeri sangat diterima banget oleh negara luar,” jelasnya. (Shiddiq)