Selasa, Mei 24
Shadow

LME Gamang, Harga Nikel Mengalami Kontraksi US$ 41.945 per Ton

LME Gamang, Harga Nikel Mengalami Kontraksi US$ 41.945 per Ton

NIKEL.CO.ID,18 Maret 2022- Harga nikel berjangka di London Metal Exchange (LME) jatuh pada batas harian 8% pada Kamis (17/3/2022) menjadi US$ 41.945 per ton. Sehari sebelumnya, Rabu (16/3/2022), harga nikel mengalami kontraksi hingga 5% ketika pasar dibuka dari penangguhan selama seminggu.

Penangguhan perdagangan, karena LME ingin mencoba memulihkan ketertiban ke pasar setelah lonjakan nikel yang belum pernah terjadi sebelumnya, sehingga menyebabkan kekacauan di seluruh industri logam.

Penurunan harga terbaru membawa harga LME sedikit lebih dekat ke nilai kontrak berjangka di Shanghai, yang terus diperdagangkan selama penangguhan London. Ini juga merupakan indikasi lain bahwa tekanan pendek yang telah mencengkeram pasar nikel mungkin berkurang.

Seperti diketahui, harga nikel melonjak hingga 250% dalam waktu lebih dari 24 jam pada awal pekan lalu, karena produsen utama Tsingshan Group Holding Co. berjuang untuk membayar margin call atas posisi short nikelnya yang besar.

Perusahaan China mengumumkan kesepakatan dengan bank-banknya pada hari Senin untuk menghindari panggilan margin, yang memberi kepercayaan kepada LME untuk membuka kembali pasar. Sebagian besar pedagang dan analis memperkirakan harga akan turun ketika perdagangan LME dilanjutkan.

“Sudah menjadi hal yang tak terelakkan untuk memiliki putaran batas bawah untuk nikel LME juga, setidaknya selama 3 hari lagi jika kita ingin mengikuti kecepatan 8% yang disesuaikan,” kata Marex dalam sebuah catatan sebelum pembukaan London pada Kamis.

Namun, sementara penurunan harga sudah diperkirakan, pembukaan kembali pasar London sama sekali tidak dapat diprediksi. Setelah serangkaian awal yang salah pada hari Rabu yang membuat para pedagang yang kadung jengkel dengan LME, masalah mulai kembali pada hari Kamis. Bahkan sebelum perdagangan dimulai.

Beberapa investor dan pialang mengatakan, mereka terkejut dengan kesalahan yang berulang. Seorang manajer dana lindung nilai yang biasanya cerewet mengatakan bahwa dia kehilangan kata-kata.

Sementara para pedagang mengutarakan bahwa pesanan untuk menjual pada batas bawah 8% pada Rabu kemarin ditolak, setelah LME memperluas rentang perdagangan pada hari sebelumnya. Kemudian tiga perdagangan tampaknya berhasil pada harga itu, tetapi empat menit sebelum pasar elektronik akan dibuka.

Akhirnya, LME memberi tahu pialang bahwa perdagangan tidak akan dimulai kembali hingga pukul 08:45 waktu setempat, dan membatalkan tiga perdagangan sebelumnya. Ketika pasar perdagangan elektronik akhirnya dibuka, kontrak berjangka turun hingga batas harian. Tetapi hanya dua perdagangan yang terjadi pada pukul 2 siang.

Awal sesi yang kacau membuat LME malu karena berusaha memulihkan ketertiban di pasar yang menetapkan harga global untuk salah satu logam terpenting dunia. Krisis nikel telah memicu kritik keras terhadap pertukaran untuk penanganan situasi, dari veteran pasar logam serta investor umum, dan beberapa mengatakan mereka akan menghentikan perdagangan di pasar.

“Kredibilitas sangat cepat tergelincir melalui jari-jari mereka. Hal ini mengikis dengan sangat cepat,” kata Kepala Perdagangan Romco Metals, Keith Wildie. ”

Pada Rabu pagi, LME secara singkat memulai kembali perdagangan elektronik nikel, tetapi terpaksa dihentikan karena kesalahan teknis yang memungkinkan harga turun di bawah batas bawah 5%.

Namun dibuka kembali pada sore hari, tetapi ada jurang pemisah antara tawaran dan penawaran untuk sebagian besar hari, yang mengarah ke kondisi perdagangan yang sangat tidak likuid di tempat penetapan harga patokan dunia untuk logam yang digunakan dalam baja tahan karat dan baterai kendaraan listrik.

LME memperluas batas dari tingkat pembukaan kembali awal 5% untuk nikel menjadi 8% pada hari Kamis, dalam upaya untuk lebih membantu pasar menemukan harga pasar yang sebenarnya.

Sementara perdagangan elektronik menghadapi gangguan, bursa masih mengoperasikan pasar berbasis telepon yang besar, yang cenderung digunakan oleh bank, pialang, dan klien institusional yang perlu melakukan perdagangan besar dan kompleks. Lantai protes terbukanya—tempat para dealer berkumpul di sofa kulit merah untuk menetapkan harga patokan dengan meneriakkan pesanan satu sama lain—juga tetap buka.

Namun, di seluruh pasar, hanya ada sedikit minat untuk membeli pada harga batas bawah.

Dan untuk hari kedua pada hari Kamis, sejumlah besar nikel ditawarkan untuk dijual, menunjukkan harga siap untuk jatuh lebih jauh. Lebih dari 13.000 lot, atau 78.000 ton nikel, telah ditawarkan pada 13:45 waktu London.(Fia/Editor Syarif)