Beranda Asosiasi Pertambangan Ditjen Minerba Berharap Ketum Aspindo Terpilih Dapat Berinovasi

Ditjen Minerba Berharap Ketum Aspindo Terpilih Dapat Berinovasi

713
0
Direktur Teknik dan Lingkungan Minerba, Sunindyo Suryo Herdadi. (Foto: Lili Handayani/nikel.co.id)
Direktur Teknik dan Lingkungan Minerba, Sunindyo Suryo Herdadi. (Foto: Lili Handayani/nikel.co.id)

NIKEL.CO.ID, JAKARTA-  Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia (ASPINDO) melaksanakan Musyawarah Nasional (Munas) yang ke-VI. Munas tersebut dilakukan dalam rangka pemilihan Ketua Umum (Ketum) periode 2024-2027.

Direktur Teknik dan Lingkungan Minerba, Sunindyo Suryo Herdadi menyampaikan harapan ke depan kepada Ketum ASPINDO terpilih.

“Tentunya, siapapun yang menjadi pengurus di masa kepengurusan mendatang, bisa memberikan inovasi. Bisa memberikan program-program kerja yang konkrit terhadap dinamika kegiatan pertambangan,” ujar Sunindyo dalam kata sambutan Munas VI ASPINDO di Hotel Le Meridien, Senin (3/5/2024).

Kemudian, ia menyampaikan, siapapun yang menjadi pengurus mendatang bisa memberikan program-program kerja konkrit terhadap dinamika kegiatan pertambangan.

“Karena kami, memahami bahwa jasa ini memang sangat berperan penting dalam kegiatan pertambangan. Sampai hari ini pula, kami melihat bahwa peran dari jasa pertambangan sangat signifikan,” ungkapnya.

Dan tentunya, lanjut dia, kedepan diharapkan bahwa apa yang menjadi program kerja ataupun hal-hal strategis yang menjadi ketetapan dari pemerintah, dalam hal ini adalah Kementerian ESDM.

“Kami dirjen minerba juga tentunya akan mengajak kepada bapak ibu sekalian sekaligus pengurus yang baru, untuk bersama sama kita bangun bagaimana kondisi kegiatan pertambangan yang kondusif, yang tentunya dapat terus memberikan kontribusi baik viskal maupun secara langsung kepada manfaat perekonomian negara,” terangnya.

Ia mengatakan, pemerintah kedepankan tata kelola yang baik sehingga nantinya semua yang dilakukan baik di pemerintah selaku prinsipal dan anggota sekalian sebagai mitra kerja dari para pemegang izin, bisa dapat dipertanggung jawabkan dan dapat terus ditingkatkan.

Ia juga menyampaikan dukungan terhadap terselenggaranya Munas ke-VI.

Usai diselenggarakan Munas dengan cara meraih suara. Ari Sutrisno berhasil terpilih menjadi Ketum ASPINDO setelah mengalahkan rivalnya Iman Nurwahyu.

“Mentapkan Bapak Ari Sutrisno sebagai Ketua Umum masa bakti 2024 – 2027,” sebut Ketua Panitia Sidang Pemilihan Ketum ASPINDO Munas Ke-VI, Suhadiman sambil mengetuk palu pengesahan.

Ari Sutrisno, ketua terpilih mengungkapkan, pemilihan ini merupakan proses yang baik karena dilakukan secara terbuka dan diikuti oleh peserta yang sangat banyak dibandingkan pada munas-munas sebelumnya.

“Jadi, proses ini menunjukkan bahwa pertama, perhatian teman-teman anggota itu terhadap ASPINDO sangat besar. Kedua, tergantung harapan bahwa ASPINDO juga harus berperan lebih banyak lagi kedepannya,” ungkap Ari kepada nikel.co.id.

Dia menuturkan, sebagai ketum terpilih langkah pertama yang akan dilakukan adalah meneruskan apa yang sudah dijalankan oleh para ketum sebelumnya.

“Apa yang nanti kita lakukan, improvement, kita lihat berikutnya apakah hal-hal yang menjadi hal-hal penting yang perlu kita kembangkan,” tuturnya. (Lili Handayani)