Beranda Asosiasi Pertambangan APNI Selenggarakan TOT dan Gathering di Ultah Ketujuh

APNI Selenggarakan TOT dan Gathering di Ultah Ketujuh

1680
0
HUT APNI Ketujuh, 6 Maret 2017 - 6 Maret 2024

NIKEL.CO.ID, JAKARTA – Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI) memasuki usianya yang ketujuh akan dimeriahkan dengan penyelenggaraan acara Training of Trainers (TOT) yang dilanjutkan dengan acara Gathering.

Organisasi nirlaba pertambangan nikel tersebut telah aktif berkiprah memperjuangkan nasib dan hak-hak para pelaku usaha pertambangan, bangsa dan negara. APNI telah menorehkan berbagai prestasi berupa sumbangsih pemikiran, gagasan dan kegiatan-kegiatan nasional maupun internasional.

APNI dibentuk oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Dirjen Minerba) Kementerian ESDM pada tanggal 6 Januari 2017 dan dilantik kepengurusan Formatur oleh Direktur Pembinaan Mineral Bapak Bambang Susigit pada tanggal 6 Maret 2017 bertempat di Gedung C, Minerba – Tebet, Jakarta Selatan.

Keberhasilannya mendorong Harga Patokan Mineral (HPM) yang menjadi kebijakan pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan ditetapkan melalui Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 tahun 2020.

Kemudian, mendorong Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) 3 Tahun melalui Kementerian ESDM menerbitkan aturan baru perihal tata cara penyusunan, penyampaian, dan persetujuan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) sektor pertambangan mineral dan batu bara (minerba), yaitu Permen ESDM Nomor 10 tahun 2023.

Dalam Permen ESDM No. 10/2023 ini, perubahan masa eksplorasi dan operasi tercantum dalam Pasal 3 Ayat 1, khusus untuk RKAB tahap kegiatan ekplorasi berlaku selama satu tahun.

Untuk RKAB tahap kegiatan operasi produksi berupa rencana kegiatan usaha pertambangan mineral dan batu bara selama 3 tahun. Dalam pada Permen sebelumnya untuk RKAB tahapan kegiatan eksplorasi dan operasi produksi hanya berjangka waktu satu tahun.

Selanjutnya, mencetuskan dan membuat wadah untuk patokan penjualan bijih nikel dalam negeri, yaitu Indonesia Nickel Price Index (INPI) yang diluncurkan pada Desember 2023.

Peluncuran acuan harga bijih nikel dalam negeri Indonesia (INPI) ini merupakan kerja sama antara APNI dan Shanghai Metals Market (SMM) yang telah resmi ditandatangani pada ASEAN Ni-Cr-Mn- Stainless Steel Industry Chain Summit 2023 Bali pada Selasa, 28 November 2023.

“Untuk itu, APNI akan mengadakan Rangkaian acara yang diawali Training of Trainers (TOT) APNI Seri 5 – 2024, dan akan ditutup dengan: APNI 7th Anniversary Gathering

Acara kegiatan TOT APNI ini akan diselenggarakan pada Senin – Rabu, 4-6 Maret 2024, waktu pukul 08.00 – Selesai, yang bertemu di Ballroom Puri Ratna, Hotel Grand Sahid Jaya Sudirman, Jakarta Selatan.

Sedangkan untuk APNI 7th Anniversary Gathering diselenggarakan pada Rabu, 6 Maret 2024, waktu pukul 18.00 WIB, yang bertempat di Hotel Le Meridien Jakarta.

Oleh karena itu, APNI dengan senang hati mengundang perusahaan Anda untuk berpartisipasi dalam perayaan bergengsi Hari Ulang Tahun ke-7 Asosiasi Penambang Nikel Indonesia. Jadilah bagian dari kesuksesan bersama dan dapatkan eksposur yang optimal untuk perusahaan Anda.

Bagi perusahaan dan para pelaku usaha pertambangan, pastikan Anda segera mendaftar untuk hadir dan berpartisipasi. Untuk informasi lebih lanjut dan untuk mendaftar, silakan kunjungi tautan berikut di bawah ini.

apni.or.id/formRegis

Kontak Whatsapp: +628176756588

Email: admin@apni.or.id