Beranda Agustus 2023 Dukung Pengembangan Nikel dan Ekosistem Baterai, Ceria dan Petromindo Selenggarakan “The 2nd...

Dukung Pengembangan Nikel dan Ekosistem Baterai, Ceria dan Petromindo Selenggarakan “The 2nd Nickel Producers, Processors, & Buyers Conference” 

1135
0
Foto bersama Group CEO PT Ceria Nugraha Indotama Derian Sakmiwata bersama Petromindo Adianto P Simamora usai pemaparan materi The 2nd Nickel Producers, Processors & Buyers Conference, Shangri-La Hotel, Rabu (30/8/2023). Dokumentasi MNI/nikel.co.id, foto by: Syalom

NIKEL.CO.ID, 30 AGUSTUS 2023 – Dalam rangka mendukung pengembangan nikel dan ekosistem baterai yang berkelanjutan, PT Ceria Nugraha Indotama (Ceria) bersama Petromindo dan pemangku kepentingan terkait mengadakan The 2nd Nickel Producers, Processors, & Buyers Conference, di Shangri-La Hotel, Jakarta, 30 – 31 Agustus 2023.

Group CEO PT Ceria Nugraha Indotama, Derian Sakmiwata, mengatakan, perusahaan turut berkontribusi pada pengembangan ekosistem baterai yang berpotensi menggerakkan dunia yang lebih berkelanjutan. Dia juga menjelaskan, sudah menjadi bagian visi dan misi Ceria untuk menyediakan produk nikel berkualitas tinggi, yang memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan dengan tetap mendukung lingkungan serta masyarakat setempat.

“Ceria roadmap akan memposisikan perusahaan sebagai pemain kompetitif baik di pasar nikel maupun industri baterai electric vehicle (EV) domestik dan internasional,” kata Derian, melalui keterangan pers yang diterima nikel.co.id, Rabu (30/8/2023). 

Menurutnya, sebagai perusahaan nasional yang sahamnya dimiliki sepenuhnya oleh pemegang saham dalam negeri, Ceria turut berkontribusi pada pendapatan negara, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional serta mendukung program pembangunan. 

Hal inilah yang melatarbelakangi Ceria mendapatkan apresiasi dari Direktorat Jendral Pajak, melalui Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara, atas kontribusi penerimaan pajak terbesar untuk kategori perusahaan tambang swasta di wilayah kerja Kolaka.

Ceria, katanya lebih lanjut, menyadari, ESG menjadi basis utama dalam menjalankan perusahaan yang berorientasi pada masa depan, tantangan, dan peluang yang dihadapi industri nikel.

“Termasuk pentingnya lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) dalam industri menjadi perhatian khusus bagi Ceria dalam mengadopsi praktik pertambangan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan,” jelasnya. 

Ia menuturkan, Ceria juga telah menerapkan roadmap di masing-masing kerangka ESG sebagai bagian dari strategi transformasi dengan terus melakukan peningkatan proses bisnis, serta melibatkan audit internal maupun penilaian dari pihak eksternal.

“Sangat penting bagi anak bangsa untuk menguasai teknologi eksplorasi dan ekstraksi mineral sehingga dapat memaksimalkan nilai tambah sumber daya alam, dalam hal ini mineral di dalam negeri dengan proses bisnis yang berkelanjutan,” tuturnya.

“Keberadaan Ceria juga harus meningkatkan taraf hidup yang lebih baik bagi masyarakat sekitar daerah operasi,” sambungnya. 

Derian memaparkan, keikutsertaan Ceria pada The 2nd Nickel Producers, Processors, & Buyers Conference menunjukkan bahwa Ceria tetap berada di depan kurva rantai pasokan dan industri EV secara global.

“Diharapkan kegiatan seperti ini memberikan multiplier effect bagi kegiatan industri dan pendukung lainnya,” paparnya. 

Dia juga menguraikan, eksistensi PT Ceria Nugraha Indotama di Indonesia ditandai dengan dukungan dari pemerintah pusat dengan pemberian status sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) dan Objek Vital Nasional (Obvitnas) yang ada di Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Ceria roadmap ke arah ekosistem baterai sejalan dengan program pemerintah untuk merealisasikan hilirisasi mineral di dalam negeri. 

The 2nd Nickel Producers, Processors, & Buyers Conference membahas topik-topik terkait perkembangan terbaru dalam penambangan nikel, pemrosesan, dan pembuatan baterai. Selain itu, dibahas juga tantangan dan peluang yang dihadapi oleh industri nikel, serta bagaimana menciptakan masa depan yang berkelanjutan.

“Sebagai salah satu sponsor kegiatan, sinergi antara PT Ceria Nugraha Indotama dan pemangku kepentingan terkait menandakan konvergensi sektor pertambangan dan ekosistem baterai dalam menjawab pertumbuhan industri nikel dan industri EV serta pasar baterai yang berkembang pesat,” pungkasnya. (Shiddiq)