Beranda Korporasi Vale Adakan Pelatihan Sepakbola Masyarakat Morowali, Wafir: Jadi Pemain Profesional

Vale Adakan Pelatihan Sepakbola Masyarakat Morowali, Wafir: Jadi Pemain Profesional

2468
0
Workshop Coaching Clinic IGP Morowali PT Vale

NIKEL.CO.ID, JAKARTA – PT Vale Indonesia Tbk., mengadakan pelatihan sepak bola kepada masyarakat Morowali, Sulawesi Tengah untuk menghasilkan bibit unggul dibidang olahraga sepak bola melalui Indonesia Growth Project (IGP) PT Vale dalam program pemberdayaan masyarakat untuk keberlanjutan.

Program kemasyarakatan ini dinamakan Workshop & Coaching Clinic yang diselenggarakan di Balai Desa Le-le, pada Sabtu – Senin (18-20/11/2023). Kegiatan ini terlaksana bekerjasama antara PT Vale dengan Asosiasi Kabupaten Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Askab PSSI) Morowali dan Karang Taruna dari 13 Desa Pemberdayaan.

Dalam keterangannya, Director of Mine Project IGP Morowali PT Vale, Wafir, menjelaskan, program ini bertujuan untuk mendukung pengembangan talenta muda di area pemberdayaan terutama dibidang olahraga dibawah naungan IGP Morowali.

“Tujuan utama dari program ini adalah melakukan penguatan melalui pembinaan awal di bidang sepak bola, yang semoga dapat menjadi bekal bagi para karang taruna serta pemuda di 13 desa pemberdayaan untuk menjadi pelatih, wasit maupun pemain sepak bola profesional,” jelas Wafir dari pers rilis yang diterima nikel.co.id, Rabu (22/11/2023).

Menurutnya, program ini juga lahir karena melihat besarnya animo anak muda di area pemberdayaan dan potensi bakat terhadap olah raga sepakbola. Selain itu, karena adanya prestasi anak muda dan club bola area pemerdayaan sangat baik di tingkat Kabupaten Morowali.

“Ini terbukti sudah dua tahun berturut turut memenangkan Kejuaraan Bupati Cup, kejuaraan antar kecamatan di Kabupaten Morowali,” uajrnya.

Dia berharap, agar program ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para peserta untuk melatih diri meningkatkan kemampuannya yang dilatih langsung oleh Coach Marwal Iskandar, dan mempersilahkan menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk belajar dan berdiskusi langsung dengan pelatih.

“Coach Marwal salah satu instruktur pelatih PSSI yang memiliki banyak pengalaman di dunia sepak bola. Selamat belajar dan berlatih bagi para peserta, dan terima kasih kepada para stakeholder yang telah hadir dan terus berkolaborasi untuk mendukung kegiatang ini,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Askab PSSI Morowali, Gafar Hilal,  mengatakan bahwa apresiasi dan dukungannya yang telah diberikan manajemen PT Vale IGP Morowali dalam penyelenggaraan ini.

“Saya mengapresiasi inisiatif dari PT Vale IGP Morowali yang begitu luar biasa dalam mendukung bibit-bibit muda pesepak bola di area pemberdayaan,” kata Gafar.

“Saya melihat PT Vale IGP Morowali merupakan perusahaan tambang yang bertanggung jawab dan patuh terhadap amanat undang-undang dalam melakukan pemberdayaan masyarakat di area operasinya,” sambungnya.

Kembali ke Pelatih Marwal, dia menegaskan pentingnya pola pikir dalam sepak bola bahwa sepak bola tidak melulu soal hasil, yaitu menang atau kalah.

“Namun, yang terpenting adalah belajar dari proses agar terus bisa meningkatkan kemampuan bermain bola,” tegasnya.

Dia menuturkan, pola pikir itu sangat penting dalam menentukan kesuksesan para pserta, termasuk dalam dunia sepak bola. Salah satu pola pikir yang keliru adalah menuntut para pemain sepak bola muda untuk menang. Ia juga melatih para peserta sepak bola secara langsung di Lapangan Sepakbola di Desa Dampala, Morowali.

“Menurut saya, harusnya para pesepak bola yang masih muda dituntut untuk menikmati dan belajar dari setiap proses saat mereka bertanding,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini hadir kepala desa dari 13 desa pemberdayaan, Ketua Askab PSSI Morowali Gafar Hilal, Instruktur Pelatih PSSI, Marwal Iskandar serta diikuti sekitar 30 peserta. (Shiddiq)