Beranda Asosiasi Pertambangan Ari Sutrisno Sah Menjadi Ketum Terpilih ASPINDO Melalui Munas Ke-VI 2024

Ari Sutrisno Sah Menjadi Ketum Terpilih ASPINDO Melalui Munas Ke-VI 2024

798
0
Ketua Umum ASPIND terpilih Ari Sutrisna hasil Munas Ke-VI 2024, Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (3/6/2024). Dok. MNI

NIKEL.CO.ID, JAKARTA – Ari Sutrisno berhasil terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia (ASPINDO) setelah mengalahkan rivalnya Iman Nurwahyu dalam pemilihan umum pada Musyawarah Nasional ASPINDO Ke-VI di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (3/6/2024).

“Mentapkan Bapak Ari Sutrisno sebagai Ketua Umum masa bakti 2024 – 2027,” sebut Ketua Panitia Sidang Pemilihan Ketum ASPINDO Munas Ke-VI, Suhadiman sambil mengetuk palu pengesahan.

Ditemui Media Nikel Indonesia (MNI/nikel.co.id), Ari Sutrisno, ketua terpilih mengungkapkan, pemilihan ini merupakan proses yang baik karena dilakukan secara terbuka dan diikuti oleh peserta yang sangat banyak dibandingkan pada munas-munas sebelumnya.

“Jadi, proses ini menunjukkan bahwa pertama, perhatian teman-teman anggota itu terhadap ASPINDO sangat besar. Kedua, tergantung harapan bahwa ASPINDO juga harus berperan lebih banyak lagi kedepannya,” ungkap Ari kepada nikel.co.id, usai acara tersebut.

Dia menuturkan, sebagai ketum terpilih langkah pertama yang akan dilakukan adalah meneruskan apa yang sudah dijalankan oleh para ketum sebelumnya.

“Apa yang nanti kita lakukan, improvement, kita lihat berikutnya apakah hal-hal yang menjadi hal-hal penting yang perlu kita kembangkan,” tuturnya.

“Yang jelas, peran ASPINDO sendiri di dalam produksi khususnya. Misalkan batu bara itukan di atas 80%,” sambungnya.

Menurut Ari, peran ASPINDO menjadi  sangat penting karena telah memberikan kontribusi ke negara yang cukup besar.

“Jadi, jangan sampai peran baik ini menjadi berkurang atau hilang. Jadi harus kita tumbuhkan terus supaya anggota-anggotanya semakin maju dan berdaya saing,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Ari Sutrisno yang mewakili PT Pamapersada Nusantara telah lama berkiprah di dunia pertambangan Indonesia dengan berbagai pengalaman melaksanakan berbagai proyek pertambangan nasional. Saat ini, dia masih menjabat sebagai Direktur PT Pamapersada Nusantara.

Dimasanya, banyak prestasi yang diraih perusahaannya diantaranya, Penghargaan Bidang Safety dan Environmnet Social and Governance (ESG), Penghargaan Health Safety and Environment (HSE), Jakarta Fire Safety Challenge (JFSC) 2023. Dan, masih banyak lagi prestasi segudang yang diraih perusahaannya tersebut dimasa ia menjabat direktur.

Sementara, rival atau pesaingnya dalam pemilihan Ketum ASPINDO adalah Iman Nurwahyu mewakili PT Putra Perkasa Abadi yang memiliki pengalaman yang luas di bidang operasional dan manajerial. Namun, pengalamannya itu belum mampu menjadikan dirinya terpilih menjadi Ketum ASPINDO.

Dalam pemilihan Ketum ASPINDO pada Munas Ke-VI 2024 dengan jumlah pemilih sebanyak 109 suara, Ari Sutrisno meraih suara secara aklamasi sebanyak 70 suara dan Iman Nurwahyu meraih suara sebesar 39 dengan total suara 109 dan tidak ada yang absten. (Shiddiq)