Beranda Asosiasi Pertambangan Syamsu Daliend: APNI Digagas Agar Industri Nikel Dalam Negeri Mampu Bersaing di...

Syamsu Daliend: APNI Digagas Agar Industri Nikel Dalam Negeri Mampu Bersaing di Kancah Internasional

889
0

NIKEL.CO.ID, 13 Maret 2023 – Mantan Kasubdit Pengawasan Usaha Operasi Produksi dan Pemasaran Mineral, Kementerian ESDM, Syamsu Daliend, mendukung langkah Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI) untuk memajukan industri bisnis pertambangan nikel di Indonesia. 

Syamsu Daliend merupakan salah satu sosok yang ikut mendirikan Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI) hingga akhirnya secara resmi dibentuk oleh Kementerian ESDM, pada 6 Maret 2017. 

“Tujuan awal berdirinya APNI adalah untuk menjadikan industri nikel Indonesia mampu menghadapi persaingan dalam negeri maupun internasional,” kata Syamsu saat menyampaikan sambutan di acara APNI Friendly Golf Tournament di Damai Indah Golf, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Sabtu (11/3/2023).

Menurut Syamsu, banyak hal yang perlu didiskusikan oleh para pengurus APNI dan anggotanya bersama stakeholder mengenai masa depan industri bisnis pertambangan nikel. Hal ini bertujuan agar semua proses usaha pertambangan nikel dan komoditinya berjalan baik dan lancar.

“Banyak hal yang perlu kita diskusikan agar seluruh proses dari bisnis tambang nikel khususnya bisa berjalan dengan baik. Tentunya dengan mengikuti regulasi dari pemerintah,” lugasnya.

Ia berharap, apapun permasalahan yang ada di APNI dan pertambangan pasti bisa diselesaikan dengan baik dengan adanya masukan, kritik, serta saran, maka APNI pasti bisa menyelesaikan segala persoalannya.

“Selama bapak-bapak kompak dan memberikan masukan dan semua bisa dibicarakan serta dikoordinasikan, maka tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. Kita support Ketum APNI, Pak Nanan Soekarna dan pengurus APNI, sehingga APNI ke depan bisa lebih mantap lagi, seperti mantapnya juara hari ini,” paparnya. 

Adapun para pemenang APNI Friendly Golf Tournament untuk kategori Overall adalah Arief Yahya dengan predikat Best Gross Overall. Untuk kategori Men-Flight A adalah Ishak Nurdin dengan predikat Best Nett I, Yosep P pemenang Best Nett ll, dan Ahmad Kurniadi pemenang Best lll. 

Selanjutnya, pemenang kategori Men-Flight B adalah Eddy Gloryan dengan predikat Best Nett l, Wawan Kusmawan pemenang Best Nett ll, dan Tonny pemenang predikat Best Nett lll. Terakhir, pemenang dengan kategori Men-Flight C adalah Elias Moses dengan predikat Best Nett l, Eru Hadi untuk predikat Best Nett ll, dan Hana Mulyana sebagai pemenang Best Nett lll.

Dari pantauan nikel.co.id, acara APNI Friendly Golf Tournament berlangsung meriah dan penuh kegembiraan. Para peserta tampak saling berkomunikasi dengan akrab dan penuh optimis dari awal turnamen hingga acara selesai.

Turnamen golf ini diadakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) APNI ke-6 pada tanggal 6 Maret 2023 dan di sponsori oleh berbagai perusahaan maupun pemerintah yang mendukung terselenggaranya acara tersebut dengan lebih dari puluhan perusahan terkemuka di Indonesia.

APNI Friendly Golf Tournament mendapat dukungan dari para sponsor, PT Gaya Makmur Tractors, PT Gaya Makmur Mobil, PT Wana Kencana Mineral, PT Hoffmen International, Societo Generale, PT Ceria Nugraha Indotama, PT Teknik Alum Service, PT Pamapersada Nusantara, PT Halim Pratama, PT Nusajaya Persadatama Mandiri, PT Putra Perkasa Abadi, PT Riota Jaya Lestari, Shell Indonesia, PT Geoservices, ABC Battery, UC 1000/C-1000, PT Five Star Indonesia, Hukum Online, PT Triputra Energi Megatara, Mining Industri Indonesia (MIND ID), BRABUS by Alron Group, PT Rohul Energi Indonesia, PT Timah Investasi Mineral, PT Surveyor Carbon Consulting Indonesia (SCCI), PT Harita Nickel, PT United Tractors, Ekles Clinic, Motor Anak Bangsa, dan PT Bank Negara Indonesia Tbk. 

Selain itu, ada juga door prize dan grand prize dengan berbagai macam hadiah melalui proses pengundian. Ketika dilakukan pengundian grand prize, hadiah satu unit kendaraan motor listrik dari Motor Anak Bangsa diberikan kepada Eko Wiratmoko selaku Direktur PT Wana Kencana Mineral. (Shiddiq/Syarif)