Beranda Korporasi Tiga Pilar Solusi Primacom untuk Mendukung Digitalisasi Industri

Tiga Pilar Solusi Primacom untuk Mendukung Digitalisasi Industri

666
0

Vice President Primacom Handrianto Wicaksono

NIKEL.CO.ID, 13 Februari 2023-Pertama kali beroperasi pada 1991, PT Primacom Interbuana (Primacom) dikenal sebagai salah satu perusahaan perintis penyelenggara layanan konektivitas satelit VSAT di Indonesia. Kini, Primacom telah memiliki tiga pilar solusi, yakni konektivitas, data center & cloud, dan enterprise solution untuk memenuhi kebutuhan transformasi digital berbagai sektor bisnis, termasuk sektor industri pertambangan.

“Primacom didirikan pertama kali untuk mendukung financial institution. Dalam perjalanannya, Primacom terus berinovasi dan berkembang. Hingga saat ini, Primacom telah melayani pelanggan yang lebih beragam, baik di sektor swasta maupun pemerintahan,” ujar Vice President Primacom Handrianto Wicaksono saat berbincang-bincang dengan nikel.co.id.

Menurut pria bersahaja yang akrab disapa Han ini, layanan Primacom adalah pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan transformasi digital berbagai sektor bisnis, termasuk sektor pertambangan. Primacom pun tumbuh kuat sesuai visi perusahaan, “To become the most admired and valuable communication solutions provider in Indonesia”.

Han memaparkan, untuk solusi konektivitas, Primacom mampu membangun infrastruktur komunikasi di seluruh penjuru Indonesia, termasuk kawasan operasional pertambangan yang sulit dijangkau. Primacom mengembangkan empat layanan utama, yakni konektivitas satelit (C-Band, Ku-Band, Ka-Band/HTS), konektivitas terestrial (fiber optic, radio wireless, microwave, two-way radio), layanan internet (broadband access, dedicated access, managed Wi-Fi), serta layanan terbaru untuk mendukung kebutuhan mobilitas, yaitu on-the-go connectivity, Kymeta Hawk u8.

Kymeta Hawk u8 sendiri merupakan flat-panel satellite antenna yang perangkatnya ringkas, desainnya aerodinamis dan modern, serta mudah dipasang pada armada kendaraan perusahaan, baik yang beroperasi di darat maupun di perairan. Kymeta Hawk u8 mampu memberikan konektivitas berkualitas di tengah kebutuhan mobilitas yang tinggi.

Untuk solusi data center & cloud, Primacom memiliki dua layanan, yakni Primacom Data Center yang terakreditasi ANSI/TIA-942 Rated-3 for Design and Constructed Facilities serta Primacom Cloud (private cloud, public cloud, hybrid cloud) yang aman dan terpercaya untuk menunjang digitalisasi di berbagai sektor bisnis.

Pilar ketiga adalah enterprise solution, Primacom memiliki solusi fleet management dan IoT sehingga pelaku bisnis dapat dengan mudah memantau, mengontrol aset, dan melakukan koordinasi dengan armada operasional sekalipun saat melintasi kawasan dengan sinyal yang minim. Selain itu, ada pula solusi smart surveillance yang memungkinkan pelaku bisnis memantau aktivitas operasional ataupun mendapatkan notifikasi secara real-time dari mana pun mereka berada.

Primacom menyadari bahwa efisiensi penggunaan bandwidth di lokasi pertambangan merupakan hal yang sangat dibutuhkan perusahaan. Primacom memiliki layanan yang dapat mempermudah proses komunikasi data multimedia dari kantor operasional ke kantor pusat atau sebaliknya, yakni Prima-X. Dengan teknologi eye-lossless compression yang mampu mengompres berbagai jenis data multimedia hingga 99% tanpa mengurangi kualitas, proses transmisi menjadi lebih cepat dan bandwidth yang terpakai lebih efisien.

“Fokus kita saat ini memberikan solusi jaringan komunikasi yang dibutuhkan di Indonesia dari hulu hingga hilir serta mendukung kebutuhan transformasi digital pelanggan. Mulai dari jaringan, kemudian berkembang ke kebutuhan operasional, hingga kebutuhan digitalisasinya,” jelas Han optimistis. (Tim Nikel.co.id)