Beranda Daerah IMIP Bangun RSUD Bahodopi, Peningkatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

IMIP Bangun RSUD Bahodopi, Peningkatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

2072
0

NIKEL.CO.ID, JAKARTA – PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) membangun rumah sakit (RS) pertama untuk masyarakat di Desa Padabaho, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah sebagai penopang vital bagi pelayanan kesehatan masyarakat, Senin (29/1/2024).

“Ini mencerminkan sinergi yang baik antara PT IMIP dan pemerintah daerah. Pembangunan rumah sakit ini diharapkan memberikan manfaat signifikan untuk seluruh komunitas di Kecamatan Bahodopi dan Morowali pada umumnya,” kata Direktur Operasional PT IMIP, Irsan Widjaja dari keterangan pers yang diterima nikel.co.id, Rabu (31/1/2024).

Sementara, Pj. Bupati Morowali, Ir. A. Rachmansyah Ismail, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada PT IMIP atas dedikasi dan sumbangsihnya dalam pembangunan RS ini.

“Harapannya, fasilitas kesehatan ini akan menjadi tonggak positif dalam meningkatkan sinergitas antara pemerintah daerah dan PT IMIP ke depannya, serta memberikan manfaat luas bagi masyarakat Bahodopi,” ujar Rachmansyah sapaan akrabnya di hari yang sama. 

Dandim 1311/Morowali, Letkol Inf Alzaki, M.B.A., M.M.A.S, menyatakan bahwa dengan adanya Rumah Sakit Pratama D Bahodopi, akses pelayanan kesehatan yang berkualitas bisa semakin meningkat.

“Menciptakan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat setempat,” sebut Zaki sapaan akrabnya. 

Menurutnya, hal ini dapat memberikan jalinan kuat antara pemerintah daerah dengan swasta yang lebih positif dan baik. 

“Sinergi antara sektor swasta dan pemerintah diharapkan akan terus memberikan kontribusi positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Morowali,” ujarnya.

Pembangunan RSUD Pratama D ini merupakan tonggak sejarah bagi Desa Padabaho, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, karena merupakan RS pertama yang dibangun dan diperuntukkan bagi daerah tersebut.

Dari kegiatan ini, pemerintah daerah (Pemda), masyarakat dan TNI-Polri merasa bersyukur atas perhatian dari PT IMIP yang sudah membangun Rumah sakit tersebut. 

Pemda dalam hal ini PJ Bupati Morowali pun mendukung penuh pembangunan Rumah Sakit tersebut yang telah membantu sarana fasilitas medis senilai Rp20 miliar. Bantuan serupa juga diharapkan datang dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Propinsi dan Pemerintah Pusat.

Sementara, serah terima Rumah Sakit Pratama D Bahodopi dari PT IMIP ke Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali didampingi langsung Dandim 1311/Morowali Letkol Inf Alzaki, M.B.A., M.M.A.S. 

Selain itu, acara serah terima inipun dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Morowali dan para Pejabat dari PT IMIP, Pimpinan OPD Lingkup Pemda Kabupaten Morowali, serta tamu undangan yang hadir kurang lebih 100 orang. 

Forkopimda itu sendiri merupakan forum yang digunakan untuk membahas penyelenggaraan urusan pemerintahan umum. Forkopimda dibentuk berjenjang di tingkat provinsi, kabupaten/kota, dan kecamatan. 

Hal ini sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yaitu Forkopimda adalah forum untuk menunjang kelancaran pelaksanaan urusan pemerintahan umum. (Shiddiq)