Beranda Asosiasi Pertambangan Lima Asosiasi Pertambangan Indonesia Gelar Halal Bihalal Bersama

Lima Asosiasi Pertambangan Indonesia Gelar Halal Bihalal Bersama

1521
0
Ketua Umum (Ketum) Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi), Rizal Kasli bersama perwakilan lima asosiasi tambang lain. (foto: Lili Handayani/nikel.co.id) 

NIKEL.CO.ID, 15 Mei 2023-Lima asosiasi pertambangan di Indonesia menggelar Halal Bihalal Bersama di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.

Lima organisasi pertambangan di Indonesia tersebut ialah Indonesia Mining Association (IMA), Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI-ICMA), Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi), Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia (Aspindo), dan Asosiasi Pertambangan Nikel Indonesia (APNI), secara bersama-sama akan melaksanakan acara halal bihalal dalam rangka menjalankan tradisi tahunan setelah merayakan hari raya Idul Fitri. 

Halal Bihalal Idul Fitri 1444 Hijriyah tahun ini, semua pengurus dan anggota kelima asosiasi pertambangan di Indonesia menjalin silaturahmi dan saling bermaafan.

Ketua Umum (Ketum) Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi), Rizal Kasli menyampaikan, ide halal bihalal dari lima asosiasi tambang Indonesia ini tercetus dari seringnya bertemu antar pengurus dan anggota. 

Lalu, dalam lingkup pertambangan yang diharapkan dapat meningkatkan rasa persatuan dan kebersamaan antarasosiasi, dan tentu saja dapat memberikan pengaruh positif terhadap kegiatan industri pertambangan.

“Lingkup pertambangan berkeinginan akan tetep melakukan tradisi tahunan tersebut dalam format acara gabungan atau acara bersama. Agar tujuan silaturahmi dan pertemuan antar pengurus dan anggota seluruh asosiasi dalam lingkup pertambangan dapat meningkatkan rasa persatuan dan kebersamaan antar asosiasi. Dan tentu saja dapat memberi pengaruh positif terhadap idustri pertambangan itu sendiri,” ungkap Rizal Kasli saat memberi kata sambutan dalam acara halal bihalal tersebut, Senin (15/05/2023).

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI) Nanan Soekarna juga menyampaikan hal senada. Ia ingin mengajak, dari hati yang paling dalam, kepada seluruh keluarga pertambangan, agar dapat bersatu, kemudian kembali ke fitrah, melepaskan semua konspiratif, kita kembali komitmen, kepada komitmen bersama.

“Istilah kami di APNI negara adidaya. Masyarakatnya sejahtera baru pengusahanya boleh bahagia. Jangan bahagia dulu pengusahanya. Tapi negara dulu adidaya, masyarakat sejahtera, pengusaha bahagia,” tegasnya.

Hal tersebut beranjak dari semangat kemerdekaan Indonesia, hingga pertambangan sudah bertekat, sesuai dengan tema yaitu kembali ke fitrah.

“Bersama dengan tema ini kita kembali fitrah betul betul dan lepaskan semua konspiratif yang negatif itu dan kita kembali komitmen terhadap nilai, aturan, value, sehingga harapan negara, harapan masyarakat, dan tetap pengusahanya profit, bisa terjalin,” jelasnya.

Acara Halal Bihalal Bersama dilaksanakan dengan sangat meriah mulai pukul 18.00 WIB hingga 20.35 WIB. Peserta yang hadir sebanyak 500 tamu. Terdiri dari pengurus dan anggota masing-masing asosiasi, undangan dari unsur pengambil kebjakan, praktisi, perusahaan pertambangan, dan akademisi. (Lili Handayani)