Beranda Juni 2024 Program Magang PT IMIP Jaring Mahasiswa Sebagai Tenaga Kerja Handal

Program Magang PT IMIP Jaring Mahasiswa Sebagai Tenaga Kerja Handal

429
0
Program Magang PT IMIP untuk mahasiswa saat roadshow di Kampus UGM Yogyakarta, awal Juni 2024

NIKEL.CO.ID, JAKARTA – HR Director PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Achmanto Mendatu, mengatakan, untuk menjaring tenaga kerja yang handal, PT IMIP membuka program magang bagi para mahasiswa dan yang berhasil memiliki nilai terbaik langsung dijadikan pekerja tetap.

Hal ini dia sampaikan pada saat pidato sambutannya di Universitas Gadjah Mada (UGM), dihadapan guru besar, dosen, ratusan mahasiswa dan tamu kehormatan dari Kementerian Koordiantor Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) pada awal Juni 2024 di Yogyakarta.

“Peserta magang nanti akan mendapatkan pengalaman kerja praktis, pengembangan keterampilan teknis, memperoleh wawasan praktik kerja dan budaya perusahaan. Banyak juga peserta magang yang berhasil mendapatkan pekerjaan tetap dalam Kawasan Industri IMIP,” kata Achmanto seperti dikutip dalam keterangan pers PT IMIP, Senin (10/6/2024).

Menurutnya, dalam pelaksanaan magang di PT IMIP maka para peserta mahsiswa harus memenuhi persyaratan pendidikan dan mematuhi peraturan yang ada. Diantaranya, dimulai dari mahasiswa pada tingkat jenjang D3 dan D4 maupun S1 serta minimal pada jenjang tingkat semester 5 dan diberikan waktu magang di perusahaan selama 6 bulan.

Kemudian setiap peserta harus siap melakukan perjalanan lintas kabupaten dan provinsi jika diperlukan sesuai penempatan yang ditetapkan oleh mitra.

“Mentaati perjanjian magang dan tata tertib yang berlaku di perusahaan IMIP,” ujarnya.

Dia memaparkan, selain jenjang tingkat pendidikan sebagai syarat magang, jurusan setiap mahasiswa pun menjadi syarat utama untuk bisa keterima magang di PT IMIP. Adapun jurusan yang diminta adalah mulai dari jurusan teknik mesin, teknik  listrik, teknik sipil, teknik lingkungan, metalurgi, agribisnis, Kesmas, ilmu pemerintahan, perencanaan wilayah dan kota, kehutanan atau pertanian.

“Manajemen, pendidikan TK dan SD, pendidikan seni, olahraga, pendidikan agama kristen, statistika, psikologi, dan administrasi perkantoran,” paparnya.

Ia juga menuturkan, untuk mahasiswa yang berminat dan memenuhi syarat dan kriteria tersebut, dipersilakan untuk mengikuti panduan pendaftaran magang di PT IMIP melalui website https://kampusmerdeka.kemendikbud.go.id.

“Klik masuk akun kampus merdeka dan klik program, cari posisi magang MSIB. Setelah itu, tentukan lokasi Kabupaten Morowali ketik perusahaan PT IMIP serta klik cari kegiatan, terdapat 17 posisi yang kami butuhkan silahkan pilih sesuai dengan jurusan anda,” paparnya.

Program ini dilakukan sebagai upaya menciptakan sumber daya manusia yang handal dan kompeten, direncanakan akan menyerap sebanyak 500 mahasiswa magang di tahun 2024 ini. Sebelumnya perusahaan telah menjalankan program yang sama namun jumlahnya masih sedikit sehingga di tahun 2024 ditargetkan ratusan mahasiswa akan menjadi pemagang di PT IMIP. (Shiddiq)