Beranda Berita Nasional PLN Icon Plus Kolaborasi dengan ABB Sakti Industri Kembangkan KBLBB

PLN Icon Plus Kolaborasi dengan ABB Sakti Industri Kembangkan KBLBB

336
0

NIKEL.CO.ID, 27 April 2023 – Anak perusahaan PT PLN (Persero), Icon Plus berkolaborasi dengan ABB Sakti Industri yang merupakan ABB Group dalam pengembangan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Tanah Air. 

Penandatanganan MoU antara Icon Plus dengan ABB Sakti Industri telah dilakukan pada saat rangkaian acara Hannover Messe, Hannover, Jerman. 

“Kerja sama ini terkait pengembangan layanan dan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik,” kata manajemen PLN dikutip laman FB PLN, Kamis, (27/8/2023).

Menurutnya, sebagai subholding Beyond kWh PLN, PLN Icon Plus fokus pada solusi connectivity dan digital. Kolaborasi menjadi strategi utama untuk mendukung terwujudnya ekosistem KBLBB yang kuat.

Dalam keterangannya, PLN Icon Plus mengungkapkan Icon Plus bersama ABB dalam pelaksanaan kerja sama akan melakukan pembicaraan lebih dalam mengenai KLBB.  PLN Icon Plus dan ABB akan melakukan berbagai kajian teknologi, studi kelayakan dan diskusi terkait pengembangan layanan pengisi daya KBLBB.

“Kerja sama ini juga mencakup penyediaan perangkat pengisi daya kendaraan listrik (charger) serta pengembangan platform digital,” sambungnya.

Kerja sama ini dilakukan dalam rangka mendukung cita-cita pemerintah untuk menjadi raja kendaraan listrik nomor satu di dunia dan juga sebagai produsen terbesar kendaraan listrik di Asia Tenggara pada 2025. 

Diharapkan,melalui kolaborasi dengan ABB, PLN optimistis pengembangan teknologi KBLBB di Tanah Air akan semakin maju.

Sebagai informasi, Icon Plus adalah anak perusahaan PT PLN (Persero) yang mengemban misi untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pemangku kepentingan dalam penyediaan solusi-solusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Hal ini tidak hanya terbatas pada penyediaan layanan yang handal bagi pelanggan, tetapi juga pada kontribusi aktif perusahaan bagi perkembangan telekomunikasi nasional. 

Dalam mewujudkan misi tersebut, Icon Plus secara proaktif melakukan peningkatan kapasitas dan perluasan jaringan sehingga dapat memperluas jangkauan pelayanan perusahaan.

Sedangkan ABB Sakti Industri merupakan bagian integral dari ABB Group, pemimpin teknologi terdepan, yang bekerja sama dengan beragam utilitas pelanggan, industri, transportasi, dan infrastruktur, yang beroperasi di 100 negara termasuk Indonesia. 

Selama lebih dari empat dekade, ABB telah menjadi pemimpin dalam teknologi digital yang memungkinkan perangkat dan sistem industri terhubung secara digital, dengan lebih dari 70.000 sistem kontrol yang terpasang sebagai penghubung 70 juta perangkat. (Shiddiq)