Demam Mobil Listrik Belum Mati, Harga Nikel Rekor Tertinggi

NIKEL.CO.ID – Harga nikel dunia melesat pada perdagangan siang hari ini, menembus harga tertingginya sejak 2014. Laju harga nikel didorong oleh meningkatnya permintaan.

Pada perdagangan Kamis (9/9/2021) pukul 11:00 WIB, harga nikel tercatat U$ 19.957.50/ton. Naik 1.38% dibanding penutupan perdagangan kemarin.

nikel
Sumber: investing.com

Permintaan nikel datang dari penjualan mobil listrik dunia yang terus bertumbuh dengan pesat. Penjualan mobil listrik dunia pada semester-I 2021 meroket 160% year-on-year (yoy). Fastmarkets memperkirakan penjualan mobil listrik ini akan terus meningkat seiring dengan wacana pengurangan emisi karbon dunia dalam menghadapi perubahan iklim global.

“Penetrasi EV akan mencapai 15% pada 2025, dan kami memperkirakan akan meningkat menjadi sekitar 35% pada tahun 2030. Ditambah dengan pertumbuhan permintaan dari aplikasi seperti sistem penyimpanan energi (ESS), perangkat 5G, dan Internet of Things (IoT)) infrastruktur,” kata Fastmarkets dalam laporan baru-baru ini.

Penjualan mobil listrik yang meroket ini menular ke permintaan baterai mobil listrik di mana nikel adalah salah satu kompenen utamanya.

Sumber: CNBC Indonesia