Tesla Siap Beri Kontrak Raksasa ke Produsen Nikel

NIKEL.CO.ID – CEO Tesla Elon Musk telah meminta pemasok Nikel untuk menambang lebih banyak logam bumi untuk produksi baterai kendaraan listriknya dan siap memberi kontrak “raksasa” jika memenuhi standard yang diminta.

Hal itu diungkapkan Elon Musk mengutip website Teslarati. Dalam upaya perusahaan untuk memenuhi peningkatan permintaan kendaraan, Tesla akan mengalihkan mobil Standard Range ke LFP, atau lithium baterai besi fosfat.

Sebelumnya, Elon Musk telah memberi tahu penambang Nikel untuk menambang lebih banyak logam. Menawarkan “kontrak raksasa” yang bernilai banyak uang, Musk siap meletakkan uangnya di mana mulutnya berada, mencari cara untuk beralih ke katoda Nikel dalam upaya untuk meningkatkan produksi sel.

“Baiklah, saya hanya ingin menekankan kembali, perusahaan pertambangan mana pun di luar sana, tolong menambang lebih banyak nikel, oke? Di mana pun Anda berada, tolong menambang lebih banyak nikel, dan jangan menunggu nikel kembali ke suatu masa – suatu titik tertinggi yang Anda alami sekitar lima tahun yang lalu atau apa pun. Lakukan efisiensi, sebagai penambangan nikel yang ramah lingkungan dengan volume tinggi. Tesla akan memberi Anda kontrak besar untuk jangka waktu yang lama jika Anda menambang nikel secara efisien dan dengan cara yang sensitif terhadap lingkungan. Jadi semoga, pesan ini sampai ke semua perusahaan pertambangan, ” kata Elon Musk dalam twitnya.

Tesla telah memproduksi Standard Range Model 3 di Amerika Serikat dengan katoda Nikel dalam sel baterai lithium-ionnya. Ini bisa berubah setelah Musk men-tweet bahwa ketersediaan Nikel bukanlah seperti yang diperkirakan oleh perusahaan.

Sementara sel berbasis nikel memiliki kepadatan energi yang lebih tinggi, yang membantu mobil listrik meningkatkan peringkat jangkauannya, paket besi fosfat mampu menyimpan lebih sedikit energi. Mereka ideal untuk kendaraan Rentang Standar Tesla, di mana konsumen mengorbankan jangkauan dan kinerja untuk label harga yang lebih rendah.

Sementara itu, kendaraan SR Tesla masih layak untuk dibeli, bukan rahasia lagi bahwa orang lebih suka memiliki jangkauan yang lebih luas.

Masalahnya adalah Nikel tidak ditambang dalam jumlah yang cukup besar untuk mendukung tujuan Tesla untuk pindah ke katoda Nikel di semua mobilnya. Sebagai gantinya, ini akan menyimpan sel-sel ini untuk varian Long Range dan Performance kendaraan.

Musk juga mengatakan bahwa kendaraan Standard Range memiliki kemampuan untuk menahan “jarak 200… hampir 300 mil” dengan paket besi fosfat. Tampaknya ini cukup untuk kendaraan Rentang Standar Tesla, dan sejalan dengan yang dia katakan Juli lalu.

Sumber: Investor Daily