Pemerintah Tak Tertarik Jika Tesla Cuma Ambil Bahan Baku

NIKEL.CO.ID – Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Septian Hario Seto menegaskan pemerintah tak tertarik kerjasama jika Tesla hanya sebatas mengeruk sumber daya alam Indonesia untuk kepentingan bisnis baterai kendaraan listrik.

Menurut Septian rencana investasi Tesla harus menguntungkan dua belah pihak, baik Indonesia maupun perusahaan otomotif Amerika Serikat itu.

Indonesia diketahui sebagai salah satu negara penghasil material inti pembuatan baterai kendaraan listrik, nikel.

Pendiri Tesla Elon Musk bahkan sempat memuji Indonesia sebagai negara penghasil bahan baku pembuatan baterai kendaraan listrik. Hal itu diungkap melalui Twitter pada Juli lalu saat menjawab pertanyaan netizen soal unsur kimia logam tersebut.

“Yang jelas kalau cuma ngambil bahan baku kami tidak tertarik. Jadi kira-kita begitu. Tapi detail lainnya tidak hisa disclose. Ini beyond bukan hanya sekadar ngambil bahan baku,” kata Septian pekan lalu melalui acara virtual.

Tesla telah memberi sinyal baik untuk bekerjasama dengan Indonesia. Perusahaan itu bahkan telah mengirimkan proposal sebagai negosiasi tahap awal kepada pemerintah.

Dalam proposal Tesla berniat menanamkan investasi pada dua sektor.

Pertama, membangun industri baterai kendaraan listrik dan kedua akan berinvestasi pada bidang energi storage system (ESS). Septian bilang ESS laiknya power bank raksasa yang memiliki kapasitas daya hingga 100 megawatt. Power bank raksasa itu dapat dijadikan sebagai pembangkit listrik.

Lebih lanjut, kata Septian proposal Tesla menarik sebab teknologi yang akan digunakan terkait industri baterai berbeda ketimbang produsen lain seperti CATL, maupun LG yang sudah duluan melakukan penjajakan bersama Indonesia.

“Jadi saya pikir kalau kita ada investasi dari CATL, LG, yang memang mereka produsen lithium baterai yang teknologinya sangat baik, plus ditambah Tesla. Jadi saya pikir kita anak bangsa bisa banyak belajar nanti,” kata dia.

Septian menambahkan pemerintah juga tak lupa meminta kepada Tesla maupun produsen lain agar sekaligus melakukan transfer teknologi di Tanah Air.

“Karena satu hal yang kami minta dari mereka ada transfer teknologi jadi ini kesempatan yang baik dimana kita memiliki oportuniti untuk bekerjasama dengan tiga perusahaan kelas dunia yang sangat advance,” ucap Septian.

Pemerintah masih mendalami proposal Tesla dan pekan ini direncanakan bakal melakukan pertemuan kembali bersama perwakilan Tesla via daring.

Sumber: CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *