Jadi Produsen Terbesar di Dunia! Ini 5 Wilayah Tambang Nikel di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai produsen nikel terbesar di dunia. Pada tahun 2020, diperkirakan Indonesia menyumbang sekitar 30 persen produksi nikel dunia

NIKEL.CO.ID – Indonesia dikenal sebagai produsen nikel terbesar di dunia. Bahkan, pada tahun 2020 lalu, diperkirakan Indonesia menyumbang sekitar 30 persen produksi nikel dunia atau setara dengan 760 ribu ton dengan jumlah cadangan total mencapai 174 juta ton. Indonesia pun berada di posisi pertama sebagai raja nikel dunia bahkan memiliki selisih yang cukup jauh dengan peringkat kedua, yaitu Filipina.

Dilansir dari berbagai sumber, AKURAT.CO mengumpulkan lokasi produksi nikel terbesar di dunia.

1. Morowali

Morowali yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah disebut sebagai pemilik kandungan nikel terbesar di Indonesia. Pertambangan nikel di daerah ini ada di sejumlah wilayah, mulai dari Bahadopi, Bungku Pesisir, Petasia Timur hingga Bungku Timur.

2. Kolaka

Kolaka disebut sebagai area produsen nikel terbesar kedua di Indonesia. Wilayah yang ada di Sulawesi Tenggara ini memiliki luas wilayah lebih dari 3,2 ribu kilometer persegi. Produksi nikel yang ada di provinsi yang didominasi oleh gunung dan lereng ini terdapat di Kecamatan Pomalaa dan Latambaga. Sedangkan perusahaan yang mengoperasikan tambang nikel di daerah ini adalah PT Aneka Tambang.

3. Luwu Timur

Dengan luas wilayah sekitar 6,9 ribu kilometer persegi, Kabupaten Luwu Timur yang ada di Sulawesi Selatan ini juga dikenal sebagai salah satu produsen nikel terbesar di Indonesia. Wilayah Malili dan Nuha menjadi area terbesar yang dijadikan sebagai lokasi pertambangan nikel utama. Bahkan, perusahaan tambang yang ada di Luwu Timur adalah perusahaan tambang terbesar di dunia, yaitu Vale Indonesia.

4. Halmahera Timur

Pertambangan yang ada di Halmahera Timur ini disebut sebagai salah satu yang paling lengkap. Pasalnya, wilayah penghasil nikel yang ada di Kecamatan Maba dan Wasilei ini tidak hanya mengambil bijih nikel tetapi juga terdapat pabrik smelter yang kemudian akan diolah menjadi logam yang bisa dimanfaatkan. Maka tak heran jika pertambangan yang ada di Provinsi Maluku Utara ini menjadi salah satu sumber penghasilan utama bagi masyarakat sekitarnya.

5. Pulau Gag

Pulau Gag adalah salah satu gugusan dalam Kepulauan Raja Ampat. Berada di Papua Barat, pertambangan nikel yang ada di wilayah ini dioperasikan oleh anak dari PT Aneka Tambang yaitu PT Gag Nikel. Namun, kini pertambangan yang dilakukan di wilayah ini hanya digunakan untuk pengambilan sampel di Tanah Air.

Meningkatnya produksi mobil listrik di dunia menjadikan Indonesia sebagai salah satu sasaran investasi pabrik nikel dunia. Bahkan, beberapa waktu lalu, salah satu perusahaan mobil listrik dunia, Tesla, sempat menyatakan akan melakukan investasi pembangunan pabrik baterai mobil listrik di Indonesia.

Sumber: akurat.co