Trinitan Metals (PURE) Gandeng Unpad Dalam Hilirisasi Nikel

NIKEL.CO.ID – PT Trinitan Metals & Minerals Tbk. (PURE) menandatangani Perjanjian Kerja Sama “Penyelenggaraan Penelitian, Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat” dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Padjadjaran (Unpad).

Direktur Utama Trinitan Metals & Minerals Petrus Tjandra mengatakan kerja sama dengan FMIPA Unpad tersebut rencananya akan meliputi pengembangan proses ekstraksi nikel dan kobalt.

Di antaranya adalah pengembangan autonomous process operation berbasis model, pengembangan proses produksi NCM Precursor yang ramah lingkungan, pengembangan sistem manajemen limbah, serta pengembangan baterai untuk e-Bike.

Petrus berharap agar nantinya kerja sama keduanya dapat melahirkan protipe fasilitas pengolahan yang sangat memperhatikan aspek lingkungan, sosial dan tata kelola. Sebagai bagian dari upaya PURE mewujudkan tata kelola nikel nasional yang ramah lingkungan.

“Kami mencoba mencari solusi agar dapat tercipta transparansi dalam hilirisasi nikel nasional, salah satunya adalah dengan melakukan pengembangan digitalisasi sistem dalam pengoperasian teknologi STAL. Dalam mengembangkan sistem digital tersebut, kami akan bekerja sama dengan FMIPA Universitas Padjadjaran,” papar Petrus dalam keterangan resmi Selasa (23/3/2021).

Sementara itu, Dekan FMIPA Unpad Iman Rahayu mengatakan Universitas dalam melakukan Tri Darma Perguruan Tinggi harus bekerjasama dengan berbagai pihak. Salah satunya adalah pihak industri yang nanti akan menghilirkan produk-produk penelitian yang ada di Fakultas MIPA.

“Di bagian pendidikan, kami akan melakukan team teaching yang melibatkan dosen FMIPA dan praktisi dari PURE, serta akan melakukan workshop bersama-sama. Selain itu, kami juga akan menyediakan kerja sama penelitian, dengan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan industri,” pungkas Iman Rahayu.

Sumber: bisnis.com