Tim Tesla Batal ke Indonesia, Ini Penyebabnya

Pandemi virus corona (Covid-19) telah menghambat kedatangan tim Tesla untuk membicarakan kelanjutan investasi dengan Indonesia.

NIKEL.CO.ID – Pemerintah memperpanjang aturan warga negara asing (WNA) tidak boleh masuk ke Indonesia dan aturan tersebut berdampak pada batalnya kunjungan tim Tesla ke Indonesia.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjang larangan WNA masuk ke Indonesia hingga 14 hari, mulai dari 26 Januari 2021-8 Februari 2021.

Sebelumnya, produsen mobil listrik asal Amerika Serikat yaitu Tesla akan berkunjung ke Indonesia. Tujuan kunjungan tim Tesla yang direncanakan pada Januari 2021 guna membahas investasi kendaraan listrik di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar sebagai produsen kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB). Hal tersebut dilihat dari banyaknya minat investor yang ingin menanamkan modalnya di Indonesia.

Sebagai contoh, investasi tersebut telah dilirik juga oleh Hyundai yang telah menyatakan minatnya untuk memproduksi KBLBB di Indonesia. “Sumber daya nikel yang melimpah akan jadi modal dasar bagi pembangunan baterai,” jelasnya.

Pada Desember 2020, Presiden Jokowi didampingi Menko Luhut melakukan pembicaraan melalui telepon bersama CEO Tesla Elon Musk. Pembicaraan tersebut langsung direspon Elon Musk dengan mengirim tim Tesla pada Januari 2021, untuk menjajaki peluang kerja sama dengan Indonesia.

Sumber: bisnis.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *