Kisah Perusahaan Raksasa: Kala BUMN China Minmetals Tumbuh Besar Jadi Raksasa Logam Dunia

NIKEL.CO.ID – China Minmetals Corporation adalah perusahaan perdagangan logam dan mineral yang berasal dari Beijing, China. Ia menjadi salah satu badan usaha milik negara yang berada di bawah pengawasan langsung Komisi Pengawasan dan Administrasi Aset Milik Negara (SASAC).

China Minmetals bergerak dalam produksi dan perdagangan logam dan mineral, termasuk tembaga, aluminium, tungsten, timah, antimon, timbal, seng, dan nikel. Korporasi menjadi salah satu perusahaan perdagangan logam dan mineral raksasa di dunia. Selain itu, ia menjadi pedagang besi dan baja terbesar di Negeri Tirai Bambum.

Konglomerat asal Beijing ini juga menangani lebih dari 12 juta ton produk baja setiap tahunnya. Perusahaan juga memperdagangkan besi, kokas, batu bara, tembaga, seng, dan timah. Selain perdagangan logam, China Minmetals juga memperdagangkan produk listrik dan mengoperasikan anak perusahaan yang berfokus pada pengembangan real estat, pelayaran laut, pertambangan, dan aktivitas investasi lainnya.

Sebagai salah satu di antara sekian perusahaan raksasa dari Negeri Beruang Panda, China Minmetals kini masuk dalam daftar Fortune Global 500 di peringkat ke-92 dunia tahun 2020. Pendapatannya di tahun ini mencapai 88,35 miliar dolar AS atau mengalami kenaikan 10,3 persen dari tahun sebelumnya. Sementara ia berhasil meraup keuntungan 133,44 miliar dolar per tahun. Aset perusahaan kini telah bernilai 133,44 miliar dolar.

Sementara untuk perbandingan, tahun 2019 China Minmetals berhasil mendapat penghasilan senilai 80,07 miliar dolar. Sayangnya pada tahun ini ia hanya untung 373 dolar. Dalam catatan ini, ia berhasil duduk di peringkat 112 Global 500.

Sekali lagi, China Minmetals menjadi salah satu perusahaan raksasa asal China yang berhasil mendapat predikat perusanaan papan atas berkat Global 500. Seperti apa perjalannya?  Pada Selasa (22/12/2020), berikut uraian singkat Warta Ekonomi terkait China Minmetals dalam artikel sebagai berikut.

Salah satu leluhur China Minmetals telah ada sejak 1950 dengan nama China Minerals Corporation. Perusahaan ini berdiri atas keputusan pemerintah pusat pada saat itu. Shang Guangwen diangkat sebagai Managing Director China Minerald.

Sementara leluhur lainnya, China Metals & Electrical Supplies Import Corporation didirikan pada 1952. Tujuan pendirian ini adalah bertanggung jawab atas impor dan ekspor produk baja, logam non-ferrous, peralatan dan produk teknik kelistrikan dan komunikasi, dll.

Tiga tahun kemudian, Nama China Metals & Electrical Supplies Import diubah menjadi China Metals Import. Zhou Huamin ditunjuk sebagai Managing Director China Metals Import setelah perubahan nama perusahaan.

Langkah besar diambil pemerintah China pada 1960. Di tahun ini dua raksasa logam Tiongkok China Minerals dan China Metals Import digabungkan (merged). Selanjutnya namanya diubah menjadi China Metals & Minerals Import & Export Corporation. Orang yang akan mengendalikan perusahaan baru ini bernama Xie Shoutian sebagai Managing Director, setahun kemudian.

Di Agustus 1965, nama perusahaan diubah menjadi China National Metals & Minerals Import & Export. Lambat laun untuk memperingkas penyebutannya, Minmetals digunakan banyak orang untuk mengacu pada perusahaan tersebut.

Minmetals mengirim delegasi ke Jepang dan mencapai kesepakatan pada 1972. Ia dan enam pabrik baja utama Jepang bernegosiasi setiap enam bulan untuk menyatukan harga untuk ekspor produk baja Jepang ke China.

Pengaruh negosiasi bersama antara China-Jepang sangat besar dan merupakan karya perintis dalam sejarah perdagangan baja antara China dan Jepang.

Memasuki tahun 1980, Minmetals secara resmi mendirikan kantor perwakilan di Amerika Serikat, Inggris Raya, Jepang, dll. Korporasi itu mendirikan perusahaan luar negeri pertama, Chibel, sebuah usaha patungan dengan Mars di Belgia (kemudian diserahkan kepada China National Coals Import & Export). Tahun 1984, Minmetals mendiversifikasi bisnisnya dan mendirikan anak perusahaan pertama di China, China International Engineering & Material Supply.

Minmetals untuk pertama kalinya terlibat dalam industri perhotelan tahun 1984. Bersama dengan investor asing dibangun sebuah hotel bintang lima, Shangri-la Hotel, Beijing, sebuah model dalam bisnis beragam Minmetals.

Menurut keputusan Dewan Negara, China Minmetals Group dibentuk pada 1991 sebagai salah satu dari 55 perusahaan grup di seluruh negeri. Grup ini secara resmi dibentuk sesuai dengan persetujuan Komite Perencanaan Negara, Komisi Pembangunan & Reformasi Negara, dan Kantor Produksi Dewan Negara.

Minmetals bersama China Foreign Trade Trust & Investment Co pada 1993 melakukan investasi sebesar 363 juta dolar Hong Kong untuk membeli 33,7 persen saham dari First Pacific Bank yang terdaftar di Bursa Efek Hong Kong. Setelah peningkatan modal dan penempatan saham, Minmetals dan China Foreign Trade Trust & Investment memegang 75 persen saham di First Pacific Bank di Hong Kong.

Minmetals untuk pertama kalinya memperoleh pinjaman langsung dari pasar modal internasional dan berhasil menerbitkan commercial paper di Amerika Serikat senilai 100 juta dolar AS pada 1996. Di tahun yang sama, China Minmetals HK (Holding) Ltd didirikan. Sebagai kantor pusat regional kantor pusat di Hong Kong, Makau dan negara-negara Asia Tenggara, China Minmetals HK (Holding) Ltd. sepenuhnya memiliki Cheerglory Traders Ltd., Cheemimet Finance Ltd., China Expand Development Ltd. dan lainnya, yang bertanggung jawab atas operasi tersebut.

Sementara pada 1997, Minmetals Development terdaftar di Bursa Efek Shanghai, dengan kode saham 600058. Minmetals Development terpilih sebagai salah satu sampel saham di 30 indeks dan pada 1999, perusahaan yang terdaftar termasuk dalam daftar di antara “50 Perusahaan Teratas di China”.

Minmetals menerbitkan lagi kertas komersial senilai 100 juta dolar AS dan kertas komersial senilai 100 juta dolar pada 1997. Di Agustus 1998, Minmetals berhasil menerbitkan kertas komersial senilai 200 juta dolar.

Minmetals melakukan investasi di Xiamen Tungsten Co tahun 1997. Pabrik Tungsten Xiamen adalah pabrik tungsten terbesar di dunia dan semua indeks ekonomi dan standar teknis peringkat nomor 1 di industri tungsten di dunia.

Pada 1998, Minmetals Townlord Information Technology didirikan. Minmetals diputus hubungannya dengan Kementerian Perdagangan Luar Negeri dan Kerja Sama Ekonomi, yang langsung dilaporkan oleh Minmetals. Sejak itu, Minmetals secara langsung melapor ke Komite Kerja untuk Perusahaan Besar di bawah Komite Sentral BPK. Nama Minmetals Townlord Technology diubah menjadi Minmetals Development.

Disetujui oleh SASAC dari Dewan Negara dan Administrasi Industri dan Perdagangan Negara, nama China Minmetals Corporation diresmikan sejak 18 Januari 2004. Menurut pemberitahuan dari SASAC, setelah reorganisasi aset, Hanxing Metallurgical Mine Administration telah menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh China Minmetals.

Atas nama China Minmetals, Minmetals Capitals & Securities menandatangani perjanjian pinjaman luar negeri sebesar 200 juta dolar di Bank of China Tower di Hong Kong. Ini adalah kesepakatan pinjaman jangka menengah keempat yang dicapai oleh Minmetals Capitals & Securities setelah tiga pinjaman sindikasi yang berhasil di tahun 2001, 2004, dan 2006.

China Minmetals berada di peringkat 21 dalam “2009 Top 500 Chinese Enterprises”, daftar yang dipilih oleh Konfederasi Perusahaan China dan Asosiasi Direktur Perusahaan China. China Minmetals berada di peringkat 21 dengan pendapatan bisnis 185,33 miliar yuan, naik 3 peringkat dibandingkan dengan tahun lalu. Pada saat yang sama, daftar “500 Perusahaan Manufaktur China Teratas 2009” dirilis, China Minmetals berada di peringkat nomor 3.

Di tahun yang sama, Zhou Zhongshu, Presiden China Minmetals memimpin delegasi China Minmetals untuk mengunjungi Bulgaria bersama dengan Wakil Presiden Xi Jinping. Ia menandatangani perjanjian pembelian jangka panjang tembaga elektrolitik dengan Bulgaria Aurubis AD untuk jangka waktu dari kuartal keempat tahun 2009 hingga 2015, dengan total nilai 800 juta dollar AS.

China Minmetals secara resmi bergabung dengan tim pelopor lingkungan Global Compact. Setelah bergabung dengan perusahaan itu, China Minmetals akan sepenuhnya menggunakan platform United Nations Global Compact untuk memiliki komunikasi dan kerja sama yang lebih dekat dan mendalam. Ini juga akan membantu China Minmetals untuk mengambil inisiatif dalam menangani perubahan iklim dan pekerjaan perlindungan lingkungan utama lainnya, sehingga dapat menetapkan model tanggung jawab sosial perusahaan di bidang internasional.

Setelah reorganisasi tahun 2010, China Minmetals akan menguasai 66 persen sahamnya, dan berganti nama menjadi Minmetals International Trust Company. Restrukturisasi telah sangat meningkatkan struktur permodalan dan lingkungan investasi Qingtai Trust, dan platform layanan dan pengoperasian modal pusat keuangan China Minmetals telah semakin ditingkatkan.

China Minmetals menandatangani kontrak pengadaan tahunan di 2010 dengan KGHM untuk tembaga elektrolitik senilai 400 juta dolar. Pada 2009, China Minmetals telah secara akumulatif mengimpor 500.000 ton tembaga dari KGHM senilai 2 miliar dolar, memberikan kontribusi positif bagi perkembangan perdagangan antara kedua negara. Kontrak pengadaan tembaga elektrolitik akan menjadi tonggak baru kerja sama mereka.

Wakil Presiden China Xi Jinping dan Wakil Perdana Menteri Swedia Criolo Fusong bersama-sama menyaksikan China Minmetals dan produsen semen karbida terbesar di dunia –Swedia SANDVIK menandatangani perjanjian pasokan jangka panjang produk tungsten dengan nilai sekitar 100 juta dolar.

China Minmetals dan Shangdong Iron and Steel Group menandatangani perjanjian kerja sama strategis di tahun 2010. Menurut perjanjian tersebut, Minmetals Iron and Steel Group akan memainkan keunggulannya dalam kapasitas pasokan terintegrasi pada bahan baku metalurgi, memasok Shangdong Iron and Steel Group dengan bijih besi, ferroalloy, batu bara, dan bahan metalurgi lainnya.

Perusahaan China Minmetals memenangkan double-A Grade dalam penilaian tahun 2009 dan kinerja periode kedua (2007-2009) dan dianugerahi “perusahaan kinerja yang luar biasa”. Laporan Pembangunan Berkelanjutan terbaru dari China Minmetals memenangkan Penghargaan Laporan Tanggung Jawab Sosial Model Compact Global 2010 untuk Perusahaan China.

China Enterprise Confederation dan China Enterprise Directors Association bersama-sama merilis daftar 500 perusahaan China teratas tahun 2010, China Minmetals menduduki peringkat ke-30, dan untuk pertama kalinya menduduki peringkat teratas dalam industri manufaktur terintegrasi.

Pada tahun 2014, Minmetals menduduki peringkat nomor 198 di antara 500 perusahaan Fortune, dan nomor 4 di antara perusahaan logam.

Di bidang logam besi, China Minmetals tetap menjadi pedagang baja teratas di negara tersebut dan mempercepat pengembangan rantai industri hulu. Dalam eksplorasi besi di provinsi Anhui, telah menguasai 100 juta ton magnetit dan 30 juta ton pirit.

Sumber: Warta Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *