Optimisme Vaksin Angkat Logam Dasar London, Nikel Pimpin Kenaikan

NIKEL.CO.ID – Logam dasar London mencatatkan penguatan, Senin, terangkat optimisme tentang kemajuan terkait vaksin Covid-19, prospek stimulus ekonomi tambahan AS, dan harapan untuk kesepakatan Brexit setelah perundingan diperpanjang melampaui batas waktu Minggu.

Pasar menyambut baik berita tentang regulator Amerika Serikat yang memberikan otorisasi penggunaan darurat bagi vaksin Pfizer/BioNTech, yang dipandang penting untuk menghentikan pandemi yang merenggut lebih dari 2.400 nyawa warga AS dalam sehari.

“Aliran berita yang lebih positif mungkin ada di depan ini dengan vaksin Moderna kemungkinan akan mendapatkan otorisasi penggunaan darurat pada Jumat,” kata Tapas Strickland, ekonom National Australia Bank.

Alasan lainnya adalah “Uni Eropa dan Inggris setuju untuk memperpanjang perundingan perdagangan (kembali), menghindari risiko jangka pendek hard-exit ,” ucap Strickland.

Nikel memimpin kenaikan, dengan melonjaknya harga stainless steel di China dan berita pabrik peleburan nikel di New Caledonia mulai kehabisan bahan baku bijih besi, sehingga logam yang digunakan pada baja tahan karat dan aki mobil itu semakin terdongkrak.

Harga nikel untuk kontrak pengiriman tiga bulan di London Metal Exchange melonjak 1,9% menjadi USD17.610 per ton pada pukul 14.35 WIB, setelah menembus USD17.780 per ton di awal sesi, level tertinggi sejak 11 Oktober 2019, demikian laporan  Reuters,  di Manila, Senin (14/12/2020).

Sementara harga nikel untuk kontrak Februari yang paling aktif diperdagangkan di Shanghai Futures Exchange mengakhiri perdagangan dengan kenaikan 1,6% menjadi 130.930 yuan (USD20.020,80) per ton, menguat untuk sesi keenam berturut-turut.

Peleburan nikel SNL di New Caledonia, yang merupakan anak usaha Eramet SA, mulai kehabisan bajan baku bijih besi karena meluasnya protes atas penjualan operasi nikel lainnya di wilayah Pasifik Prancis itu.

China Molybdenum Co mengakuisisi 95% saham di tambang tembaga-kobalt Kisanfu di Republik Demokratik Kongo dari Freeport-McMoRan Inc yang berbasis di Amerika senilai USD550 juta.

Logam dasar lainnya di kompleks LME, tembaga naik 0,3% menjadi USD7.799,50 per ton, aluminium melesat 1,1% menjadi USD2.043,75 per ton, seng bertambah 0,9% menjadi USD2.821 per ton, timbal meningkat 0,1% menjadi USD2.063,50 per ton, dan timah menguat 0,4% menjadi USD19.500 per ton.

Di Shanghai, tembaga turun 0,5%, aluminium melemah 0,4%, seng menyusut 1,7%, timbal berkurang 0,3%, dan timah melorot 0,2%.

Sumber: IPOTNEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *