Nikel Tiga Bulan di London Metal Exchange Naik 2% Menjadi $ 17.625 per Ton

NIKEL.CO.IDLogam dasar London naik secara menyeluruh pada perdagangan hari Senin (14/12/2020) pagi, terangkat oleh euforia tentang peluncuran vaksin COVID-19 dan optimisme atas prospek stimulus tambahan ekonomi AS serta ketika Uni Eropa dan Inggris setuju untuk memperpanjang pembicaraan perdagangan.

Pasar menyambut baik berita tentang regulator AS yang memberikan otorisasi penggunaan darurat untuk vaksin Pfizer / BioNTech, yang dipandang penting untuk dalam upaya menghentikan pandemi yang melonjak dan merenggut lebih dari 2.400 nyawa orang Amerika dalam sehari.

“Aliran berita yang lebih positif mungkin ada di depan ini dengan vaksin Moderna kemungkinan akan menerima otorisasi penggunaan darurat pada hari Jumat,” kata Tapas Strickland, ekonom di National Australia Bank yang dikutip dari reuters, Senin (14/12/2020).

Alasan lain adalah bahwa “Uni Eropa dan Inggris setuju untuk memperpanjang pembicaraan perdagangan (lagi), menghindari risiko jangka pendek dari jalan keluar yang sulit,” tambah Strickland.

Dlam perdagangan Senin Pagi, Nikel memimpin kenaikan. Hal ini dipicu dari kenaikan harga baja tahan karat di China serta berita bahwa smelter nikel di Kaledonia Baru mulai menipis akibat adanya protes, sehingga harga logam yang digunakan dalam baja tahan karat dan aki mobil semakin terdongkrak.

Nikel tiga bulan di London Metal Exchange (LME) naik 2% menjadi $ 17.625 pada 0536 GMT, setelah sempat mencapai $ 17.780 di awal sesi, tertinggi sejak 11 Oktober 2019.

Nikel Februari yang paling banyak diperdagangkan di Shanghai Futures Exchange (DhFE) naik sebanyak 3,4% ke kontrak tertinggi 133.190 yuan ($ 20.376,04) per ton, naik untuk sesi keenam berturut-turut.

Sumber: reuters.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *