Menteri ESDM Lantik 15 Pejabat Eselon I dan II, Ini Harapan APNI

922
Menteri ESDM, Arifin Tasrif

NIKEL.CO.ID, 9 Agustus 2022-Menteri ESDM, Arifin Tasrif hari ini, Selasa (9/8/2022), melantik 15 Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I) dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) di lingkungan Kementerian ESDM.

Pelantikan 15 pejabat Eselon I dan II lingkungan Kementerian ESDM dilaksanakan di Gedung Chairul Saleh, kantor Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Berikut pejabat Eselon I yang dilantik hari ini:

  1. RIrida Mulyana, M.Sc dari jabatan lama Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Unit Kementerian ESDM dengan jabatan baru Sekretaris Jenderal Unit Kementerian ESDM.

Sementara pejabat Eselon II adalah:

  1. Ir. Mustafid Gunawan, M.E, dari jabatan lama Direktur Pembinaan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Unit Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi dengan jabatan baru Direktur Pembinaan Program Minyak dan Gas Bumi Unit Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi.
  2. Noor Arifin Muhammad, S.T., M.SIE dari jabatan lama Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Minyak dan Gas Bumi Unit Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi dengan jabatan baru Direktur Pembinaan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Unit Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi.
  3. Laode Sulaeman, S.T., M.T dari jabatan lama Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Unit Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral dengan jabatan baru Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Minyak dan Gas Bumi Unit Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi.
  4. Dr. Ing. Tri Winarno, S.T., M.T, dari jabatan lama Analis Kebijakan Ahli Madya Unit Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara dengan jabatan baru Direktur Pembinaan Program Mineral dan Batubara Unit Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara.
  5. Dr. Ir. Ediar Usman, M.T, dari jabatan lama Sekretaris Badan Geologi Unit Badan Geologi dengan jabatan baru Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral Unit Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara.
  6. Dr. Ir. Sugeng Mujiyanto, M.Sc., M.Env.Eng.Sc dari jabatan lama Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral Unit Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara dengan jabatan baru Sekretaris Badan Geologi Unit Badan Geologi.
  7. Ir. Albertus Susetyo Edi Prabowo, M.Si, dari jabatan lama Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Unit Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral dengan jabatan baru Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Unit Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral.
  8. Ir. Dwi Anggoro Ismukurnianto, M.Sc, dari jabatan lama Direktur Pembinaan Program Minyak dan Gas Bumi Unit Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi dengan jabatan baru Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara Unit Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral.
  9. Bambang Utoro, S.H., M.M., M.Env.Stud, dari jabatan lama Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara Unit Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral dengan jabatan baru Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Unit Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral.
  10. Ariana Soemanto, S.T., M.T, dari jabatan lama Pranata Humas Ahli Madya Unit Sekretariat Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dengan jabatan baru Kepala Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi Unit Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi.
  11. Dr. Julian Ambassadur Shiddiq, S.T., M.T, dari jabatan lama Kepala Bagian Umum.Unit Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral dengan jabatan baru Kepala Balai Besar Pengujian Mineral dan Batubara Unit Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara.
  12. Ir. Senda Hurmuzan Kanam, M.Sc, dari jabatan lama Analis Kebijakan Ahli Madya Unit Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan dengan jabatan baru Kepala Balai Besar Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Unit Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi.
  13. Dr. Priatin Hadi Wijaya, S.T., M.T, dari jabatan lama Analis Kebijakan Ahli Madya Unit Badan Geologi dengan jabatan baru Kepala Balai Besar Survei dan Pemetaan Geologi Kelautan Unit Badan Geologi.
  14. Dr. Erdila Indriani, S.Si., M.T dilantik sebagai Direktur Politeknik Energi dan Mineral Akamigas Unit Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral.

Secara terpisah, Ketua Umum Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI), Komjen Pol.(P) Nanan Soekarna mewakili seluruh pengurus dan anggota APNI mengucapkan selamat bertugas kepada para pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kementerian ESDM yang hari ini dilantik oleh Menteri ESDM, Arifin Tasrif.

Disampaikan Nanan Soekarna, APNI yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Kementerian ESDM pada 6 Maret 2017, akan terus membangun kerja sama dan sinergitas dalam memajukan dan membangun sektor mineral, khususnya nikel.

“Khususnya ucapan terima kasih APNI yang sebesarnya kepada Bapak Sugeng Mujiyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral yang telah melantik APNI Periode 2022-2027 pada tanggal 6 Maret 2022, semoga dengan jabatan dan tugas yang baru tetap bisa bersinergi dengan APNI,” kata Nanan Soekarna.

Menurutnya, banyak program yang telah dilaksanakan APNI untuk memajukan komoditas nikel yang melibatkan lintas sektoral, tentu dengan dukungan penuh dari Kementerian ESDM.

Harapan APNI, Nanan Soekarna menambahkan, khususnya kepada Dr. Ing. Tri Winarno,S.T., M.T, sebagai Direktur Pembinaan Program Mineral dan Batubara juga kepada Dr. Ir. Ediar Usman, M.T, sebagai Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral untuk dapat terus berkolaborasi dan bersinergi dengan APNI, khususnya dalam pengelolaan mineral nikel Indonesia demi tercapainya negara adidaya, masyarakat sejahtera, dan pengusaha bahagia.

Nanan Soekarna menegaskan, “Selamat bertugas kepada seluruh pejabat yang telah dilantik. Wujudkan Indonesia Emas, salah satunya melalui pengelolaan nikel yang berdaya guna dan membawa manfaat untuk masyarakat Indonesia”. (SBH)