Manfaat Penting Nikel Untuk Sektor Strategis Suatu Negara

NIKEL.CO.ID – Manfaat nikel dalam kehidupan sehari-hari sangat dipengaruhi oleh struktur materialnya yang keras, tetapi sangat mudah untuk ditempa dan diolah. Termasuk dalam kategori logam, nikel berasal dari sisa tumbuhan dan juga makhluk hidup yang telah terpendam di dalam tanah selama jutaan tahun lamanya.

Pada awalnya, nikel hanya dianggap sebagai logam pengotor untuk tembaga. Namun lambat laun, nikel diketahui memiliki nilai yang sangat tinggi, sehingga kini menjadi logam tersendiri. Sejumlah penelitian juga menyebutkan bahwa nikel bisa ditemukan dalam batuan asteroid.

Meski saat ini masih kalah populer dengan komoditas tambang lain seperti minyak bumi dan batubara, namun dengan hadirnya teknologi kendaraan listrik, nikel menjadi salah satu komoditas yang diburu. Beruntungnya, Indonesia memiliki cadangan nikel yang melimpah, dan bahkan menjadi salah satu yang terbanyak di dunia.

Industri Otomotif

Nikel saat ini seringkali diolah menjadi besi baja yang memiliki sifat sangat kuat dan juga tahan akan karat. Karena sifat ini lah, besi baja hasil olahan nikel sangat dibutuhkan oleh industri otomotif untuk dijadikan kerangka kendaraan.

Selain itu, dalam beberapa tahun ke depan industri otomotif akan memasuki era baru dengan hadirnya kendaraan listrik. Lagi-lagi keberadaan nikel jadi faktor yang sangat penting, karena bisa menjadi salah satu komponen pembuatan baterai sebagai bahan bakar kendaraan listrik tersebut.

Konstruksi Bangunan

Sudah sejak lama nikel dipercaya sebagai bahan logam untuk dijadikan bagian dari bangunan atau konstruksi. Selain karena kekuatannya, baja hasil olahan nikel memiliki sifat tahan panas yang cukup tinggi, sehingga bangunan menjadi tidak mudah terbakar. Sifat anti korosinya juga membantu sebuah bangunan bisa tetap berdiri kokoh untuk jangka waktu yang lama.

Militer

Kekuatan yang dimiliki baja hasil olahan nikel memang sudah tidak diragukan lagi. Oleh karenanya militer di negara mana pun memanfaatkannya sebagai peralatan militer mereka. Mulai dari senjata, pelapis dan kerangka kendaraan militer, hingga menjadi bahan pelindung pesawat ruang angkasa yang tahan panas matahari.

Komponen Elektronik

Nikel juga bisa diolah menjadi komponen elektronik yang bisa ditemukan dalam sejumlah peralatan seperti smartphone atau perangkat komputer. Kini era teknologi juga telah memasuki penggunaan komponen nano, dan nikel tetap berperan besar di dalamnya.

Dengan banyaknya manfaat dari nikel seperti di atas, tentu Indonesia harus bisa memanfaatkan cadangan melimpah yang dimiliki dengan semaksimal mungkin. Dan berharap bisa dijadikan sumber untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakatnya.

Sumber: duniatambang.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *