Honda Akan Relokasi Pabrik dari India ke Indonesia

NIKEL.CO.ID – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan Honda Motor Company, perusahaan otomotif asal Jepang akan merelokasi pabriknya dari India ke Indonesia. Tak hanya itu, mereka juga bersedia menambah investasi di tanah air Rp5,2 triliun sampai 2024.

“Honda memberikan komitmen bahwa akan menambah investasi sampai dengan 2024 sekitar Rp5,2 triliun,” ucap Agus, dikutip Jumat (12/3/2021).

Perusahaan juga berjanji memberikan izin ekspor komponen suku cadang (oto parts) ke sembilan negara tambahan. Negara yang dimaksud adalah Thailand, Malaysia, Vietnam, Jepang, Pakistan, Arab Saudi, dan tiga negara Timur Tengah lain yang tidak dirincinya.

Pasalnya, negara-negara tersebut merupakan bagian dari rantai pasok global untuk industri otomotif. Bahkan, Honda kabarnya akan menambah jaringan ekspor hingga 31 negara di Asia, Afrika, dan Amerika.

Selain itu, Honda akan mengembangkan model-model baru pada produksi kendaraannya. Hal ini akan didorong oleh Agus agar varian bertambah di pasar.

Tak cuma Honda, produsen otomotif lain asal negeri sakura, seperti Toyota dan Suzuki juga akan memperderas aliran investasi mereka ke Indonesia. Toyota berkomitmen akan menambah investasi sekitar US$2 miliar atau setara Rp28 triliun sampai 2024.

Sementara Suzuki akan menyuntik dana segar sekitar Rp1,2 triliun ke dalam negeri. Periodenya sama, sampai 2024.

Sumber: CNN Indonesia