APNI PRAY FOR CIANJUR

134

NIKEL.CO.ID, 25 November 2022-Pengurus DPP Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI) turut berduka berduka cita atas musibah yang dialami masyarakat Cianjur akibat gempa berkekuatan 5,6 skala richter pada Senin (21/11/2022) sekitar pukul 13.12 WIB.

“Jajaran Pengurus DPP ANPI ikut berbela sungkawa atas musibah yang dialami saudara-saudara kita akibat gempa bumi yang terjadi di Cianjur dan sekitarnya,” kata Ketua Umum APNI, Nanan Soekarna di Jakarta, Jumat (25/11/2022).

APNI sejak terjadinya gempa di Cianjur telah membuka penyaluran sumbangan kepada semua pelaku pertambangan nikel melalui program “APNI Pray for Cianjur”. Sumbangan donasi ini nanti akan disalurkan kepada para korban gempa di Cianjur dan sekitarnya.

Berdasarkan tim “APNI Pray for Cianjur” di beberapa desa di kecamatan Cianjur, ribuan warga masih mengungsi di tenda-tenda darurat. Namun, rata-rata mereka mengungkapkan masih kesulitan mendapatkan aliran listrik untuk digunakan pada malam hari dan membantu aktivitas penting lainnya. Tenda-tenda darurat untuk para pengungsi korban gempa tersebut banyak juga didirikan di area-area lapangan dekat persawahan dan di bawah perbukitan.

Mereka mengungkapkan rasa ketakutannya akan muncul gempa susulan setelah gempa besar yang terjadi di Senin lalu, selain rumah-rumah mereka juga telah luluh lantah akibat guncangan gempa berkekuatan 5,6 skala richter.

Melihat kondisi para pengungsi tersebut, dari dana yang terkumpul dari para donatur pelaku usaha pertambangan nikel ataupun pihak lain, akan dipergunakan untuk membeli genset berkapasitas 500 watt termasuk peralatan arus listrik seperti kabel, colokan, dan lampu untuk penerangan di malam hari, serta kendaraan air bersih (water treatment).

Menurut Sekretaris Umum APNI, Meidy Katrin Lengkey, kegiatan ini merupakan program sosial APNI terhadap musibah yang terjadi di Tanah Air. Dari bantuan pengurus APNI dan pelaku pertambangan nikel ini setidaknya dapat meringankan beban para korban yang sedang mengalami musibah.

APNI Pray for Cianjur masih open donasi bagi pelaku pertambangan nikel atau bahkan pihak lainnya untuk ikut berpartisipasi untuk meringankan beban para korban gempa di wilayah Cianjur dan sekitarnya.

“Kami berdoa, semoga saudara kita yang mengalami musibah di wilayah Cianjur dan sekitarnya diberikan ketabahan dan musibah ini segera berlalu, sehingga saudara-saudara kita dapat hidup normal dan menjalankan aktivitas sehari-hari,” harap Nanan Soekarna (Syarif)