Semarak HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Gag Nikel Luncurkan Buku Sejarah Korporat

176
Presiden Direktur PT Gag Nikel, Khaidir Said (tengah) memperlihatkan buku sejarah korporat: "Berjuang di Tengah Arus Pesimisme".

NIKEL.CO.ID, 18 Agustus 2022-PT Gag Nikel merayakan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan cara yang berbeda. Perusahaan yang beroperasi di Pulau Gag ini meluncurkan buku sejarah perusahaan yang berjudul “Berjuang di Tengah Arus Pesimisme” di The Forest, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (18/8/2022)

“Ada tiga tujuan utama kenapa buku ini hadir. Pertama, sebagai pengingat sejarah perusahaan atas apa yang terjadi di masa lalu. Kedua, sebagai motivasi bagi generasi penerus. Ketiga, sebagai edukasi bagi perusahaan lain dan masyarakat luas tentang perusahaan tambang,” jelas Mustajir sebagai inisiator buku ini.

Buku berjuang di Tengah Arus Pesimisme ini, menurut Mustajir, Corporate Secretary, Legal dan External Relations Senior Manager merupakan upaya dari para pelaku sejarah di PT Gag Nikel untuk dapat memberikan inspirasi dan literasi bagi masyarakat luas tentang bagaimana perjuangan PT Gag Nikel melalui tahapan-tahapan penting dalam perjalanan perusahaan mulai dari tahapan eksplorasi, kontruksi dan operasi produksi yang sampai saat ini di tahun 2022 telah berhasil membukukan laba perusahaan dan memberikan deviden kepada pemegang saham.

Buku ini secara resmi diluncurkan oleh Presiden Direktur PT Gag Nikel, Khaidir Said, yang dihadiri oleh internal PT Gag Nikel dan tamu undangan.

“Harapan kita bersama bahwa buku ini bukan hanya sebagai pajangan saja, tapi juga dibaca oleh kita semua,” kata Khaidir Said di peluncuran buku.

Menulis buku adalah cara untuk mengingat dan diingat oleh sejarah dan Gag Nikel sudah melakukannya. Direncanakan dalam waktu dekat buku tersebut akan didistribusikan ke eksternal agar manfaatnya bisa meluas sebagaimana tujuan awal buku ini hadir.

Setiap jaman punya tantangan, semakin hebat semakin besar tantangannya, itulah yang disampaikan oleh Khaidir Said pada saat acara Launching Buku Sejarah PT Gag Nikel di bilangan Lebak Bulus Jakarta Selatan.

Khaidir Said menyampaikan tujuan dari acara launching buku agar dapat mempererat keakraban seluruh keluarga besar PT Gag Nikel, memperkokoh daya juang dan memperkuat perjuangan yang dihadapi kearah yang lebih baik dengan belajar dari sejarah yang sudah dilalui dan dialami bersama. Selain itu secara umum dengan adanya buku ini diharapkan agar masyarakat bisa mengetahui PT Gag Nikel dengan baik dari history dan kontribusinya terhadap masyarakat luas agar bisa sejajar dengan perusahaan tambang ternama lainnya.

Dari penulis yang hadir menyampaikan Buku ini bukanlah sebatas buku sejarah perusahaan biasa. bukan juga company profile yang bertujuan untuk memperkenalkan perusahaan ke publik. Buku ini yang berisikan sejarah, fakta, dan kisah nyata inspiratif selama perjuangan perusahaan dari dulu hingga akhirnya berhasil mencapai operasi produksi.

Penulis juga menyampaikan bagaimana proses perjuangan di PT Gag Nikel yang menjadi bagian dari sejarah secara faktual telah mencerminkan nilai-nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) yang menjadi values bagi di perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). (Syarif)