Presiden: Hannover Messe 2021 Momentum Kalahkan Pandemi

NIKEL.CO.ID – PRESIDEN Joko Widodo mengajak seluruh masyarakat dunia untuk menjadikan ajang Hannover Messe 2021 sebagai momentum mengalahkan pandemi covid-19 sekaligus melakukan lompatan besar ke era yang lebih baik.

“Kita harus melompat jauh keluar dari krisis. Kita harus pulih dan tumbuh lebih kuat. saya yakin Indonesia dan Jerman dapat bermitra untuk keluar dari pandemi ini sebagai pemenang,” ujar Jokowi dalam pembukaan Hannover Messe 2021 secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, Senin (12/4/2021).

Indonesia sendiri, lanjut kepala negara, sudah melakukan banyak inovasi. Inovasi tersebut tidak hanya di bidang kesehatan tetapi juga di sektor-sektor lain yang tidak kalah penting untuk kemajuan dunia.

Pembangunan biodiesel dari kelapa sawit, pemasangan pembangkit listrik tenaga surya atap di sektor rumah tangga menjadi beberapa contoh konkret yang sudah berjalan. Di luar itu, sebagai produsen nikel terbesar di dunia, Indonesia tengah mengembangkan produksi baterai lithium yang akan menjadi kunci bagi sektor telekomunikasi dan transportasi di masa mendatang.

Adapun, khusus di sektor teknologi digital, saat ini, Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi digital dan industri 4.0 tercepat di Asia Tenggara.

Indonesia kini memiliki satu decacorn dan lima unicorn yang diyakini akan terus berkembang.

“Ke depan, industri ini akan berkontribusi pada PDB Indonesia sekitar US$133 miliar di 2025. Didukung 185 juta penduduk yang memiliki akses internet, terbesar keempat di dunia, kemajuan industri 4.0 akan menjadikan Indonesia top 10 economy global di tahun 2030,” jelas Jokowi.

Berbekal seluruh poin positif tersebut, kepala negara dengan percaya diri mengajak Kanselir Jerman Angela Merkel untuk bekerja sama di bidang teknologi untuk mencapai kemajuan yang lebih besar bagi kedua belah pihak.

“Saya ingin mengajak Jerman untuk bermitra mewujudkan transformasi digital di Indonesia. Indonesia sendiri telah menyiapkan roadmap implementasi making Indonesia 4.0,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, tahun ini, Indonesia dipilih sebagai partner country oleh Jerman dalam perhelatan pameran dagang terbesar untuk sektor teknologi digital Hannover Messe 2021. Dengan menjadi partner country, Indonesia sudah selangkah lebih maju dibandingkan negara-negara kompetitor di kawasan.

Sumber: Media Indonesia