Selasa, Mei 24
Shadow

Pasokan Mulai Lancar, Harga Nikel Turun

Pasokan Mulai Lancar, Harga Nikel Turun

NIKEL.CO.ID, Jakarta 26 Januari 2022 –Harga nikel di London Metal Exchange (LME) pada Rabu (26/01/2022) pukul 15:07 US$ 22.535/ton, lebih tinggi dibandingkan harga penutupan kemarin, Selasa (25/01/2022) US$ 21.325/ton.

Faktor menurunnya harga nikel dibandingkan harga hari Senin yang sempat di angka US$ 24.000/ton, karena kendala pasokan diperkirakan mulai mereda setelah produk nikel masuk ke China. Tsingshan mengatakan telah mengirimkan Bacth pertama produk nikel matte ke negara itu, membantu menambah lebih banyak pasokan hal ini dapat mengurangi tekanan pasokan ketat yang terjadi.

Batch pertama dikatakan 500 ton, tetapi masih harus dilihat seberapa cepat pasokan dapat meningkat dalam jangka pendek masuknya nikel ke China bisa membuat nikel tertekan.

Namun, prospek persediaan yang rendah masih akan terus berlanjut setidaknya sampai hingga liburan imlek selesai.
Dari luar negeri Ferroaloy Metal Hawk Limited telah meluncurkan kembali pengeboran RC di proyek nikel Berehaven, 20 kilometer tenggara Kalgoorlie. Pengeboran telah dimulai di prospek Commodore South yang terletak kira-kira 500m barat daya dari lubang penemuan yang memotong bagian satu meter yang menghasilkan 5,89 persen nikel tahun lalu. Perusahaan juga mencapai 3,4 juta naik 2,32 persen nikel dari 203,8 juta pada prospek yang sama akhir tahun lalu.

Berita tentang dimulainya kembali pengeboran di Berehaven memicu kebingungan pembelian awal di pasar, mendorong harga saham Metal Hawk ke puncak intraday pagi di $0,340 dalam perdagangan berat dari harga penutupan sebelumnya $0,275.

Sebuah kampanye pengeboran aircore di Commodore South memotong batuan ultramafik yang sangat lapuk akhir tahun lalu mirip dengan yang diidentifikasi di Commodore. Hasil pengujian masih tertunda namun perusahaan yakin bahwa hasilnya akan menunjukkan kelanjutan dari batuan induk ultrabasa yang termineralisasi. Zona ini merupakan area target awal pemboran RC dengan dua hingga tiga lubang yang ditetapkan untuk menguji area tersebut di kedalaman.

Pengeboran inti udara di bagian barat proyek Berehaven yang belum dieksplorasi juga telah dilanjutkan secara paralel dengan pengeboran RC. Program pengeboran aircore saat ini akan terdiri dari sekitar 6.000 m menargetkan cakrawala stratigrafi berarah utara-barat laut melalui area proyek Berehaven.

Selain itu, serangkaian survei elektromagnetik tanah sedang dikerjakan untuk dimulai akhir Januari dengan beberapa area target diidentifikasi di seluruh proyek Berehaven. Pencatatan geologis dari pengeboran inti udara juga diharapkan dapat membantu dalam memfokuskan dan memprioritaskan survei ini.

Nikel bukan satu-satunya logam target dalam portofolio perusahaan yang membuat kegemparan selama beberapa bulan terakhir. Metal Hawk menerima hasil dari 12 lubang bor yang ditenggelamkan di proyek Kanowna East dengan total 1.325 m yang menargetkan emas di prospek Little Lake dan Western Tiger.

Nilai emas yang mengesankan berpotongan di Kanowna East termasuk pukulan 4m naik 17,8g/t dari 75m, kadar 1m 2,9g/t dari 66m dan 2m kadar emas 1,45g/t dari lubang bawah 73m. Hit emas signifikan lainnya termasuk 5m naik 1,59g/t dari 80m, pukulan 5m lainnya menghasilkan 1,95g/t emas dari 70m dan persimpangan 5m lebih lanjut dengan kadar 1,09g/t emas dari 69m downhole.

Dengan batang berputar lagi di Berehaven setelah beberapa hit nikel bermutu tinggi, Metal Hawk tampaknya memiliki kepercayaan di daerah sekarang yang mungkin tidak mengejutkan mengingat lokasinya di daerah yang paling menguntungkan untuk prospek nikel. Nikel bukan satu-satunya target logam dalam portofolio perusahaan membuat kegemparan selama beberapa bulan terakhir. Metal Hawk menerima hasil dari 12 lubang bor yang ditenggelamkan di proyek Kanowna East dengan total 1.325 m yang menargetkan emas di prospek Little Lake dan Western Tiger.

Nilai emas yang mengesankan berpotongan di Kanowna East termasuk pukulan 4m naik 17,8g/t dari 75m, kadar 1m 2,9g/t dari 66m dan 2m kadar emas 1,45g/t dari lubang bawah 73m. Hit emas signifikan lainnya termasuk 5m naik 1,59g/t dari 80m, pukulan 5m lainnya menghasilkan 1,95g/t emas dari 70m dan persimpangan 5m lebih lanjut dengan kadar 1,09g/t emas dari 69m downhole.

Dengan batang berputar lagi di Berehaven setelah beberapa hit nikel bermutu tinggi, Metal Hawk tampaknya memiliki kepercayaan di daerah sekarang yang mungkin tidak mengejutkan mengingat lokasinya di daerah yang paling menguntungkan prospektif untuk nikel. (Fia/Syarif/bbs)