Selasa, Mei 24
Shadow

Pantauan Earth-I Peleburan Nikel Global Meningkat

Dok, Nornickel’s Instagram

NIKEL.CO.ID, 6 April 2022- Menurut data dari satelit pengawasan pabrik nikel menunjukkan aktivitas peleburan nikel global naik pada Maret, termasuk di produsen utama Rusia meskipun ada konflik Ukraina.

Produksi di Rusia terus berlanjut tanpa hambatan, menurut sebuah pernyataan pada hari Selasa dari broker komoditas Marex dan Savant, layanan analitik satelit yang diluncurkan dengan Earth-i pada 2019.

Savant telah mengalami gangguan di satu-satunya produsen feronikel Ukraina, yaitu Pobuzhskiy. Tetapi, tidak di pabrik metalurgi Nadezhda Nornickel di Rusia, kata pernyataan itu.

Earth-i, yang berspesialisasi dalam data geospasial, melacak pabrik peleburan yang mewakili hingga 90% dari produksi nikel dan tembaga global. Ini menjual data ke manajer dana, pedagang dan penambang dan menerbitkan indeks bulanan gratis aktivitas peleburan tembaga global.
Indeks dispersi global untuk nikel naik menjadi 47,3 di bulan Maret dari 41,6 di bulan Februari.

Di bawah indeks dispersi, 50 poin menunjukkan smelter beroperasi pada tingkat rata-rata dalam 12 bulan terakhir. Ini juga memiliki indeks kedua yang menunjukkan persentase smelter aktif.

Indeks nikel pig iron (NPI) China rebound ke 55,4 pada Maret dari 37,8 pada Februari karena pabrik melanjutkan produksi setelah Olimpiade Musim Dingin.

NPI adalah pengganti kandungan nikel yang lebih rendah untuk nikel rafinasi.
Dalam tembaga, aktivitas peleburan naik tipis di Maret, meskipun ada masalah di pabrik peleburan China yang menghentikan produksi, kata pernyataan itu.

Pabrik peleburan China menaikkan harga mereka untuk perawatan dan pemurnian kuartal kedua di tengah kelebihan pasokan setelah pabrik peleburan tembaga swasta besar Yanggu Xiangguang menghentikan produksi baru-baru ini.

“Pemadaman Xiangguang yang telah melonggarkan pasar konsentrat sekarang akan diperparah oleh penghentian pemeliharaan dalam jumlah yang relatif besar,” kata Guy Wolf, Kepala Analitik Global Marex.
Indeks dispersi tembaga global naik menjadi 47,9 di bulan Maret dari 46,3 di Februari, tetapi Indeks Kapasitas Tidak Aktif China melonjak menjadi 8,7 di Maret dari 1,6 di Februari 2022.(Fia/Syarif)