Nikel Diprediksi Menjadi Komoditas Primadona Sepanjang 2022

333

NIKEL.CO.ID, 26 September 2022- Harga nikel pada perdagangan hari ini masih stabil. Terpantau di Bursa Logam Dunia (LME) pada Senin, (26/9/2022) pukul 13.15 WIB harga nikel bertengger di angka US$23.130 per ton, namun jika dibadingkan penutupan kemarin harga hari ini lebih rendah yang berada di angka US$25,810 per ton.

Harga nikel pada menjelang akhir September bisa dikatakan baik jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya, ditambah dengan semakin banyak peminat komoditas nikel yang diprediksi menjadi komoditas primadona sepanjang tahun 2022.

Dikutip, Analis Samuel Sekuritas Indonesia, Olivia Laura Anggita, menilai bahwa salah satu sektor yang cukup tangguh di tengah era inflasi dan kenaikan suku bunga saat ini adalah nikel. Ia meyakinkan harga nikel akan tetap tinggi pada 2022, diproyeksikan berada di rentan US$23.600 per ton. Sementara tahun depan harga nikel berada di level US$23.000 per ton.

Dengan kondisi nikel seperti itu, tentunya sangat menguntungkan Indonesia yang kita tahu memiliki cadangan nikel terbesar di dunia, yakni 21 juta metric ton, dan Indonesia juga merupakan pemasok nikel terbesar di dunia dengan angka produksi 1 juta ton nikel per tahun.

Selain itu, Olivia juga memperkirakan, industri baja anti karat alias stainless steel masih akan menjadi pendorong utama permintaan nikel untuk beberapa waktu terdepan.

Selain stainlees steel, yang berpontensi mendongrak permintaan nikel sebagai industri baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). Diperkirakan pada 2030, EV akan menyerap 1,1 juta metric ton nikel, sehingga terjadi peningkatan lima kali lipat dari kebutuhan nikel saat ini, yang hanya berada di 200.000 MT.

Sementara itu, Shanghai melaporkan saat ini harga NPI bermutu tinggi, tidak termasuk pig iron, adalah 1.071 yuan/mtu, sedangkan harga scrap stainless steel 1.130 yuan/mtu. Akibatnya, NPI bermutu tinggi masih memiliki keunggulan biaya dibandingkan skrap stainless steel.

Pada paruh kedua September, karena pasokan pasar yang tidak mencukupi, para pedagang menahan harga meskipun efisiensi biaya buruk dan harga skrap baja tahan karat tetap tinggi.

Ketika pabrik baja meningkatkan produksi dan memiliki lebih banyak permintaan pada pertengahan September, mereka lebih bersedia menerima harga NPI yang lebih tinggi. Oleh karena itu, harga NPI semakin meningkat dan keuntungan diperbaiki. Harga NPI pun naik dengan mantap, dan mungkin stabil dalam tahap lanjutan.

Tetapi, harga skrap stainless steel mungkin terus menurun. Diskon NPI bermutu tinggi mencapai 58 yuan/mtu terhadap skrap baja tahan karat.

Biaya tunai baja tahan karat canai dingin yang sepenuhnya diproduksi dengan skrap baja tahan karat adalah sekitar 17.384 yuan/mt, sedangkan biaya dengan NPI bermutu tinggi mencapai 16.382 yuan/mt. Diharapkan efisiensi biaya NPI bermutu tinggi akan semakin menurun pada periode tindak lanjut. (Fia/Editor:Syarif)