LME dan SMM Saling Goyang Harga Nikel

218
Dok, SMM

NIKEL.CO.ID, 6 Maret 2022-Setelah dua lompatan besar, nikel LME memiliki sedikit likuiditas minggu lalu. Volume perdagangan harian dipertahankan pada 1.000 lot hingga 2.000 lot. Harga nikel LME sedikit berfluktuasi antara US$31.700/mt hingga US$33.600/mt.

Konflik Rusia-Ukraina belum mereda, dan kemungkinan bahwa hal itu akan mempengaruhi harga komoditas di luar ekspektasi masih ada. Di China, pandemi domestik yang memburuk telah memperpanjang pengangkutan dan pengiriman nikel murni spot. Untuk nikel sulfat tingkat baterai mendapat diskon besar dibandingkan briket nikel. Meskipun demikian, diskon dapat menyempit setelah barang-barang berharga rendah dikonsumsi. Kesimpulannya, harga nikel masih akan menyimpang dari fundamentalnya.

Harga nikel sulfat tingkat baterai adalah 45.500-48.000 Yuan/mt pada Jumat lalu, harga rata-rata turun 1.250 Yuan/mt dari minggu sebelumnya. Dengan relatif stabilnya harga nikel, permintaan pasar dan penawaran memanas pekan lalu. Namun, harga dari perusahaan garam nikel masih bervariasi karena pengaruh gabungan dari biaya, modal dan persediaan.

Menurut pemahaman komprehensif hulu dan hilir, kisaran kutipan bervariasi. Kutipan pabrik garam terkonsentrasi pada 46.000-49.000 Yuan/mt, dan beberapa kutipan masih lebih tinggi dari 50.000 Yuan/mt karena masalah biaya.

Selain itu, beberapa kuotasi lebih rendah dari 45.000 Yuan/mt karena masalah keuangan. Namun, harga hilir yang dapat diterima umumnya di bawah 46.000 Yuan/mt. Meski masih ada beberapa perbedaan harga antara kedua belah pihak, kemampuan bertransaksi semakin meningkat.

Pekan lalu, produsen prekursor utama mulai membeli, dan pasokan dengan harga rendah. Berdasarkan harga nikel yang stabil, pabrik garam hulu diperkirakan akan menahan harga karena penurunan tekanan modal. Harga perdagangan nikel sulfat diperkirakan akan bergerak antara 45.500-48.000 Yuan/mt, tetapi harga perdagangan arus utama akan mendekati kisaran atas.

Untuk nikel murni, setelah dua lompatan besar, nikel LME memiliki sedikit likuiditas minggu lalu. Volume perdagangan harian dipertahankan pada 1.000 lot hingga 2.000 lot. Harga nikel LME sedikit berfluktuasi antara US$31.700/mt hingga US$33.600/mt.

Di SMM, harga rata-rata untuk NPI dari 8-12% bermutu tinggi berdiri di 1.635 Yuan/mtu (bekas pekerjaan, termasuk pajak) pada hari Jumat 1 April, datar dari minggu sebelumnya. Harga rata-rata NPI Indonesia berada di 1.662,5 Yuan/mtu, lebih tinggi 15 Yuan/mtu dari minggu sebelumnya. Hanya ada beberapa transaksi di pasar minggu lalu, dan kisaran harganya cukup besar.

Harga NPI Indonesia dengan grade yang lebih tinggi jelas lebih tinggi dibandingkan dengan harga NPI domestik. Secara keseluruhan, harga NPI tetap tinggi dan padat dengan tanda-tanda kenaikan. Di sisi penawaran, meskipun harga bijih nikel dan bahan penolong berhenti naik dalam seminggu terakhir, harga saat ini masih membawa biaya tinggi ke pabrik NPI, sehingga mereka berpegang teguh pada kuotasi.

Selain itu, biaya transportasi juga meningkat di tengah maraknya pandemi Covid-19 di banyak tempat di China. Harga NPI relatif tinggi. Harga nikel murni berfluktuasi pada tingkat yang tinggi, yang juga mendukung harga NPI, dan selisih harganya masih besar.

Di sisi permintaan, meskipun pabrik baja tahan karat masih mendapat untung, mereka berhati-hati dengan harga bahan baku yang mahal, dan memilih untuk menunda permintaan mereka untuk menahan risiko biaya. Selisih harga antara harga yang dapat diterima dari hulu dan hilir relatif besar, dan transaksinya tenang.

Selain itu, karena masalah seperti harga pasokan pasar FeNi dan nikel murni, pabrik baja menyesuaikan struktur bahan baku, dan permintaan untuk NPI Indonesia dengan kadar yang lebih tinggi lebih baik, dan harganya juga naik. Harga NPI arus utama diperkirakan akan bergerak antara 1.610-1.680 Yuan/mtu (bekas pekerjaan, termasuk pajak) minggu lalu.

Untuk baja tahan karat, karena dampak pandemi di banyak tempat di China minggu lalu, transportasi sangat terpengaruh, dengan logistik dan pengiriman terganggu. Pasar Dongfang Steel City di Wuxi ditutup minggu lalu karena pandemi. Sementara tempat lain masih bisa beroperasi secara normal di awal minggu. Namun, karena eskalasi tindakan pengendalian pandemi mulai Kamis, sejumlah tempat di Wuxi dikunci, dan pedagang umumnya dikarantina di rumah.

Pasar baja tahan karat pada dasarnya terhenti. Beberapa pedagang masih dapat menerima pesanan seperti biasa, tetapi fabrikasi dan transportasi sangat dibatasi, dan tidak ada batas waktu untuk pengiriman. Sementara itu, transportasi di Shandong, Foshan, dan tempat-tempat lain semuanya terkena dampak pandemi, yang membatasi sebagian besar kegiatan pemrosesan hilir.

Singkatnya, transaksi spot di pasar baja tahan karat minggu lalu suram, dan harga pada dasarnya stabil. Harga 304 gulungan canai dingin bergerak antara 20.500-20.700 Yuan/mt Wuxi, dan 304 gulungan canai panas antara 19.700-19.900 Yuan/mt pada Jumat 1 April. Juga karena kontrol pandemi di Wuxi yang membatasi transportasi lokal, beberapa sumber barang dikirim ke Foshan sebagai gantinya.

Persediaan di Foshan meningkat hampir 50.000 mt pada akhir Maret dibandingkan dengan pertengahan bulan. Dengan demikian, harga baja tahan karat di Foshan berada di bawah tekanan. Perbedaan harga antara Wuxi dan Foshan saat ini mencapai 400-500 Yuan/mt. Pemulihan pasar stainless steel selanjutnya masih tergantung pada kemajuan pandemi.(Fia/Syarif)