Jean Francois: Aden Membantu Perusahaan Fokus pada Bisnis Inti

411
ASEAN Cluster General Manager Aden Group, Jean Francois Trebillod

NIKEL.CO.ID, 30 Juni 2022-Aden Group telah mendukung sektor pertambangan di Indonesia sejak 2013. Menggunakan platform digital Akila, Aden membantu perusahaan pertambangan lebih fokus pada bisnis inti.

Aden Group adalah perusahaan yang berbasis di Asia dan berfokus di Asia dengan sejarah 20 tahun dalam mendorong perubahan dalam industri manajemen fasilitas terintegrasi (IFM). Aden didirikan dengan nama Aden Services di Kota Ho Chi Minh, Vietnam pada tahun 1997 oleh pengusaha Prancis bernama  Joachim Poylo.

 “IFM adalah layanan yang memungkinkan klien untuk fokus pada bisnis inti mereka dari pusat managemen. Ini menciptakan penyederhanaan manajemen dibandingkan dengan facilities management tradisional. Oleh karena itu, Integrated Facility Management (IFM)memungkinkan klien untuk fokus pada tujuan gambaran besar dan efisiensi dalam mengelola tugas sehari-hari,” jelas ASEAN Cluster General Manager Aden Group, Jean Francois Trebillod kepada Nikel.co.id, baru-baru ini.

Jean Francois menyebutkan, ruang lingkup utama layanan IFM meliputi katering, tata graha, berkebun, desinfeksi, layanan akomodasi, manajemen kantor, layanan pengadaan, solusi energi.

“Kami telah mendukung sektor pertambangan di Indonesia sejak 2013. Ini memberikan kami pemahaman mengenai tantangan dan masalah logistik mereka. Terkadang, prosesnya sendiri cukup rumit dan mungkin membutuhkan usaha khusus. Dengan Aden, klien kami dapat fokus pada bisnis inti mereka,” tuturnya.

Menurutnya, agar platform digitalisasi dapat mendukung pekerjaan tim Aden, pemahaman tentang kematangan digitalisasi klien sangat penting. Pengetahuan ini adalah dasar dari desain dan pemasangan platform teknologi Aden, yaitu Akila.

Dia menjelaskan Akila adalah platform kembar digital ESG (Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola) yang bekerja secara real time. Aden memasang sensor IoT untuk mengukur semua konsumsi gedung, yang terhubung ke platform cloud Akila dan merangkum semua data fasilitas, mendukung operasi klien ataupun perusahaan dan meminimalkan human error, menyampaikan laporan yang transparan, dan dapat diakses di mana saja di perangkat apapun dan kapan saja.

Disampaikan, untuk memastikan bahwa instalasi beroperasi dengan baik, Aden memiliki dukungan dari teknisi dan insinyur yang berkualitas. Aden juga menyediakan layanan pemeliharaan aset melalui platform teknologi untuk memantau dan melakukan pemeliharaan preventif dan prediktif untuk semua aset fasilitas klien.

“Ini adalah fitur lain dari platform digital Akila kami. Akila baru saja ini diluncurkan di Indonesia dan dinobatkan sebagai Pelopor Teknologi 2022 oleh World Economic Forum,” kata Jean Francois. (Syarif/Varrel)