Beranda Ekonomi HPM Capai Rekor Tertinggi Sepanjang Dekade Terakhir

HPM Capai Rekor Tertinggi Sepanjang Dekade Terakhir

542
0

HPM Capai Rekor Tertinggi Sepanjang Dekade Terakhir

NIKEL.CO.ID, 13 Januari 2022-Kementerian Energi Sumberdaya Mineral (ESDM) telah menerbitkan Sukar Keputusan Nomor: No 8.K/MB.01/MEM.B/2022 tentang Harga Mineral Logam Acuan dan Harga Batubara Acuan untuk Bulan Januari 2022.

Dalam Keputusan Menteri ESDM tersebut, Harga Mineral Acuan (HMA) untuk nikel dipatok US$ 20.189,75/dry metric ton (dmt), naik sebesar 1,82% atau US$360,4 dari bulan Desember tahun lalu.

Menipisnya persediaan di London Metal Exchange (LME) maupun di Shanghai akhir tahun lalu menjadikan pergerakan harga cukup signifikan, sehingga berdampak pada naiknya Harga Patokan Mineral (HPM) nikel di dalam negeri di bulan Januari ini.

Dari HMA sebesar US$20.189,75 diperoleh HPM untuk kadar nikel 1,8% dengan MC=30% (FOB) sebesar US$ 48,33/wet metric ton (wmt).  Angka ini merupakan harga tertinggi sepanjang dekade terakhir tata niaga nikel di Tanah Air.

Untuk diketahui, perhitungan HPM diperoleh dari formula yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 2946 K/30/MEM/2017 tentang  Formula untuk Penetapan Harga Patokan Mineral Logam.

Variabel dalam formula perhitungan HPM di antaranya adalah HMA, Konstanta Correction Factor (CF), dan Kandungan air atau sering disebut dengan MC.

CF ditentukan sebagai konstanta di mana setiap kenaikan kadar 0,1% maka konstanta akan naik sebesar 1%, sehingga untuk kadar nikel 1,8% ditetapkan konstanta untuk CF-nya sebesar 19% dan untuk 1,9% konstanta CF menjadi 20%. Untuk nilai tingkat kelembaban (MC) biasanya pada angka antara 30-35%.

Perlu diketahui juga bahwa semua aturan HPM adalah harga untuk FOB (Free On Board), yakni harga di pelabuhan muat. Penetapan HPM dengan tarif FOB ini dimaksudkan untuk memperoleh keadilan bagi para penambang, sebab jarak antara pelabuhan muat dengan pelabuhan bingkar tidak sama, sehingga dengan penetapan harga di pelabuhan muat merupakan keputusan yang tepat. (Momon)

Artikulli paraprakInformasi dari LME Menggembirakan, SHFE Melemahkan
Artikulli tjetërMemilih Baterai Mobil Listrik yang Aman dari Hujan