Harga Nikel Surut, Pasca Imlek kembali Pasang

203

Harga Nikel Surut, Pasca Imlek kembali Pasang

NIKEL.CO.ID, 31 Januari 2022 – Harga nikel menjelang tahun baru Imlek tidak signifikan, melalui bursa dagangan dunia, London Metal Exchange (LME), Senin,(31/01/2022) pukul 15.08 WIB harga nikel dunia tercatat US$ 22,725/ton. Harga nikel ini lebih tinggi dibandingan harga penutupan kemarin, Minggu, (30/01/2022) US$ 20,915/ton.

Hanya dalam beberapa minggu harga nikel dunia mulai ambles, hal ini difaktorkan adanya inventansi yang memanfaatkan keadaan di saat harga nikel dunia sedang di atas. Tidak hanya itu, faktor lainnya stok pasokan nikel kian stabil dan ini juga yang berakibatnya turunya harga nikel dunia.

Situasi berbeda di China. Shanghai Metal Markets melansir bahwa impor tetap merugi minggu ini. Impor nikel murni masih belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, sementara pasokan spot pelat nikel dan briket nikel dalam negeri masih terbatas.

Dengan demikian, premi impor terus meningkat.
Premi impor hampir tidak dapat turun karena pengiriman yang tiba di kawasan berikat diperkirakan akan dibatasi setelah liburan Chinese New Year.

Rasio harga nikel SHFE/LME kemungkinan akan meningkat mengingat permintaan saat ini dan bea cukai yang terbatas. (Fia/Syarif/bbs)