Harga Nikel Sedikit Melesat Namun Stok Gudang Menyusut

190

NIKEL.CO.ID,12 Agustus 2022—Harga nikel dunia sedikit melesat pada perdagangan siang hari ini, masih terpantau London Metal Exchange (LME) pada Jumat (12/8/2022) pukul 15.03 WIB US$23.105 perton,namun jika dibandingkan dengan penutupan kemarin tentunya harga tersebut rendah yang betenger melalui diangka US$24.100 perton.

Melesatnya harga nikel terpincu  adanya Kenaikan ini lantaran komoditas yang diincar Elon Musk untuk Tesla itu tengah dalam kondisi kekurangan pasokan.

Namun persediaan nikel di gudang yang dipantau oleh bursa logam London (LME) terus menyusut mencapai posisi terendah sejak Desember 2008

Pada 9 Agustus 2022 persediaan nikel di gudang LME tercatat 56.382 ton, anjlok 44,66% secara point-to-point (ptp) sejak awal tahun ini.

Hal ini menjadi indikasi bahwa permintaan nikel dunia terus datang sehingga persediaan di gudang terus menyusut.

Di sisi lain Shanghai Logam dasar LME dan SHFE sebagian besar ditutup dengan kenaikan karena sentimen makro mereda karena data yang dirilis tadi malam menunjukkan bahwa indeks harga produsen (PPI) AS Juli secara tak terduga turun MoM. Ditambah dengan rilis data CPI AS Juli yang lebih rendah dari yang diharapkan pada Rabu malam, pasar mengurangi ekspektasi Federal Reserve untuk tetap pada kenaikan suku bunga yang agresif.

Di sisi makro, data yang dirilis tadi malam menunjukkan bahwa indeks harga produsen (PPI) AS Juli tiba-tiba turun MoM. Ditambah dengan rilis data CPI AS Juli yang lebih rendah dari yang diharapkan pada Rabu malam, pasar mengurangi ekspektasi Federal Reserve untuk tetap pada kenaikan suku bunga yang agresif, dan indeks dolar turun kembali untuk hari keempat berturut-turut.

Fundamentalnya sedikit berubah, dan arus masuk tembaga impor masih rendah, yang tidak dapat sepenuhnya membalikkan persediaan sosial yang rendah di Cina. Dengan kata lain, pasokan yang ketat akan menopang harga tembaga. Di pasar spot, spread SHFE 2208 dan 2209 masih mundur sekitar 400 yuan/mt ketika ada dua hari perdagangan tersisa sebelum pengiriman SHFE 2208. Pemegang kargo tidak mau menjual dengan harga rendah ketika sumber pasar tidak melimpah .

Di sisi penawaran, produksi nikel murni domestik mencapai 16.000 mt di bulan Juli, naik 2,89% MoM. Untuk NPI, situasi oversupply di China masih terjadi dengan impor NPI Indonesia yang konstan. Di sisi permintaan, pabrik baja tahan karat domestik telah menunjukkan tanda-tanda peningkatan produksi