Dirjen Minerba Dilantik Jadi Pj. Gubernur Babel

323
Dirjen Minerba Dilantik Jadi Pj. Gubernur Babel
Ridwan Djamaluddin dok, Ekonomi Bisnis.com

NIKEL.CO.ID, 12, Mei 2022 Direktur Jenderal (Dirjen) Mineral dan Batu Bara Kemeterian ESDM, Ridwan Djamaluddin, dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menjadi Pejabat (Pj.) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Kamis (12/5/2022). Ridwan dilantik bersama empat pejabat gubernur lainnya.

Kiprah Ridwan Djamaluddin di lingkungan pemerintahan sudah dikenal baik. Pria kelahiran Bangka, 24 Maret 1963, ini sudah menjadi pejabat penting sejak 2010. Berbagai tanggung jawab pernah diembannya. Dia pernah menjadi Deputi Bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam BPPT 2010 hingga 2015.

Dia juga pernah menjadi anak buah Menko Marves Luhut B. Pandjaitan sebagai Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur pada 2015 hingga 2020. Setelah itu, Ridwan hijrah ke Kementerian ESDM sebagai Dirjen Minerba pada 2020.

Pendidikan yang mumpuni menjadi latar belakang dirinya dipercaya menduduki banyak jabatan penting. Pendidikan S1 Ridwan diraih setelah lulus dari Jurusan Geologi Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1989. Dia melanjutkan S2 sebagai mahasiswa Fakultas Geo-informasi dan Observasi Bumi di University of Twente, Belanda. Pendidikan S3-nya ditempuh di Texas A&M University dengan Jurusan Geografi pada 1999.

Mantan Ketua Ikatan Alumni ITB itu pun pernah menduduki posisi Komisaris di PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. Sejumlah penghargaan pernah diterimanya, antara lain Satyalencana Pembangunan dari Presiden RI, 101 Inovasi Paling Prospektif 20229 (SIstem InaBuoy), dan PNS yang menunjukkan prestasi kerja luar biasa baiknya dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). (Fia/Editor: Rdj)