AONSA – IMAC Lakukan Kegiatan Evaluasi dan Kenalkan Teknologi Nuklir

163

NIKEL.CO.ID, 24 November 2022 – Executive Committee (EC) and Facility Director (FD) Meeting Asia-Oceania Neutron Scattering Association (AONSA) dan International Workshop on Materials and Advanced Characterization (IMAC) 2022 akan melakukan kegiatan acara evaluasi dan memperkenalkan teknologi nuklir.

Acara tersebut diselenggarakan oleh The National Battery Research Institute (NBRI) berkolaborasi dengan Indonesian Neutron Scattering Society (INSS) sebagai tuan rumah yang akan dilaksanakan pada 24 – 25 November 2022 bertempat di workshop NBRI, Taman Tekno L2/29, BSD City, Tangerang Selatan.

“Event ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh AONSA, sebuah organisasi yang menaungi fasilitas maupun asosiasi teknologi hamburan neutron tingkat Asia-Pasifik,” kata Founder National Battery Research Institute (NBRI) Prof. Evvy Kartini melalui keterangan pers yang diterima nikel.co.id, Kamis (24/11/2022). 

Menurut Evvy, acara yang diselenggarakan itu bertujuan melakukan evaluasi selama setahun atas pencapaian yang telah dilakukannya dan untuk mencapai target satu tahun ke depan. 

“Acara ini bertujuan untuk mengevaluasi performa dan capaian dari masing-masing fasilitas maupun asosiasi selama setahun masa kalender serta target yang akan dicapai di tahun yang akan datang,” ujarnya. 

Dia menjelaskan untuk teknis acara akan diselenggarakan secara hybrid dengan lima delegasi dari Japan Proton Accelerator Research Complex (J-PARC) Jepang, Australian Nuclear Science and Technology Organization (ANSTO) Australia, Taiwan Neutron Science Society (TNSS) Taiwan, dan Korea Atomic Energy Research Institute (KAERI) Korea Selatan. 

“(Mereka akan) hadir secara langsung serta delegasi dari sepuluh negara akan hadir secara virtual,” jelasnya. 

Selain acara AONSA tersebut, Evvy juga menerangkan bahwa akan diadakan acara International Workshop on Materials and Advanced Characterization (IMAC) 2022 secara berbarengan.

“Dengan jumlah peserta terbatas tiga puluh orang yang datang dari berbagai institusi, mulai dari peneliti, mahasiswa, dosen, engineer, sampai para pelaku industri. Tema IMAC 2022 adalah The Power of Neutron and X-Ray for Advanced Material Characterization,” terangnya. 

Adapun tujuan acara itu diselenggarakan, kata dia, untuk memperkenalkan keunggulan teknologi nuklir (hamburan neutron) dan X-Ray Diffraction (XRD) untuk karakterisasi material.

“Hamburan neutron dapat diperoleh baik melalui sumber reaktor nuklir maupun spalasi neutron,” cetusnya. 

Evvy memaparkan bahwa pada workshop ini, akan dihadiri para ahli baik nasional maupun internasional yang akan mengulas perkembangan topik terkait, pada masing-masing pusat penelitian di luar negeri.

“Dengan workshop ini, diharapkan dapat membuka ruang kolaborasi antar stakeholders untuk berkontribusi lebih jauh dalam bidang teknologi nuklir (hamburan neutron), XRD, dan aplikasinya pada bidang industri,” tandasnya. (Shiddiq)