Ada Stan APNI dan MNI di Pameran EV Indonesia 2022

287

NIKEL.CO.ID, 5 Oktober 2022-Pameran Electric Vehicle Indonesia yang diselenggarakan GEM Indonesia, resmi dibuka Rabu ini (5/10/2022) di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Pameran EV berkonsep B2B akan berlangsung hingga 7 Oktober 2022.

GEM Indonesia merupakan penyelenggara pameran suku cadang otomotif terbesar di Asia Tenggara. Gelaran pameran GEM Indonesia di JIEXPO Kemayoran kali ini menghadirkan lebih dari 60 perusahaan kendaraan listrik (EV),
peralatan SPKLU (Charging Station), komponen dan teknologi untuk mendukung para produsen, dan perakitan kendaraan listrik.

Pameran ini diselenggarakan bersamaan dengan Busworld Southeast Asia 2022 yang mengedepankan bis listrik.

Seperti diketahui, pasar untuk kendaraan tenaga listrik saat ini semakin berkembang. Diperkirakan permintaan kendaraan listrik di dunia akan terus meningkat dan mencapai sekitar 55 juta unit EV hingga tahun 2040. Hal ini mendorong Indonesia untuk mulai memproduksi kendaraan listrik secara mandiri karena salah satu bahan utamanya, yaitu nikel merupakan hasil tambang Indonesia yang sangat besar dibandingkan dengan negara lain.

Selain pameran komponen kendaraan listrik, GEM Indonesia juga menghadirkan pameran
internasional lainnya secara bersamaan, yaitu Transport & Logistics Indonesia 2022 (Smart
Logistics), Forklift Indonesia 2022, dan ConMine 2022 (Mining Technology).

Transport & Logistics Indonesia 2022 akan menghadirkan konsep smart logistics system,
seperti sistem manajemen armada, ERP dan teknologi pendukung lainnya.

GEM Indonesia berharap, dengan perkembangan teknologi dan infrastruktur di Indonesia, diharapkan biaya logistik Indonesia bisa lebih murah dan bisa bersaing di Asia Tenggara. Dan pameran ini akan menampilkan Forklift yang juga merupakan kendaraan listrik komersial berbasis baterai.

Selama pameran berlangsung, akan diadakan Forum EV bertajuk Percepatan Pengembangan Industri Kendaraan Listrik yang akan dihadiri para pembicara professional dari Kementerian Perhubungan, ILMATE, BKPM, dan banyak professional lainnya.

Ada Stan APNI dan MNI

Di Pameran Electric Vehicle Indonesia 2022 juga hadir stan dari Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI). Di stan asosiasi yang mewadahi para pelaku pertambangan nikel ini terlihat pengunjung ingin mengetahui berbagai hal terkait informasi pertambangan dan industri nikel di Indonesia.

Media-media informasi yang tersuguh di stan asosiasi yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Kementerian ESDM pada 6 Maret 2017 ini pun menjadi perhatian pengunjung.

Pengunjung di stan Media Nikel Indonesia

Berdampingan dengan stan APNI, terlihat pula stan dari Media Nikel Indonesia (MNI). Produk Majalah MNI yang terdisplay di stan mencuri perhatian pengunjung ingin membaca, bahkan ingin memilikinya.

Lembaran demi lembaran Majalah MNI yang mengulas secara spesifik informasi seputar pertambangan nikel dari sektor hulu dan hilir nikel dan ulasan informatif pendukung lainnya, nampak dibaca oleh pengunjung.

Mengingat jumlah pengunjung yang begitu banyak, Direktur Utama PT Media Nikel Indonesia, Varrel Willy, menyediakan pula format E-Magazine.

“Pengunjung yang ingin mengetahui berita-berita di Majalah MNI tinggal download atau scan barkode. Setelah itu, mereka sudah bisa membaca semua berita yang diulas di Majalah MNI,” kata Varrel Willy. (Syalom)