Saat Nyepi, Harga Nikel Hampir Menyundul 27.000 Dolar AS

302
Diagram LME

NIKEL.CO.ID, 3 Maret 2022—Di Hari Raya Nyepi ini, Kamis (3/3/2022) pukul 11.56 WIB, harga nikel di Pasar Logam Metal London (London Metal Exchange/LME) kembali melesat dan bertengger di 26.995 dolar AS per ton. Harga tersebut naik 9% lebih dari harga kemarin yang mencapai 24.680 dolas AS per ton.

Lagi-lagi invasi Rusia ke Ukraina dituding menjadi biang kerok timbulnya kekhawatiran atas pasokan dan stok global nikel yang memang sudah rendah saat ini.

Sebuah bank investasi, ING, dalam sebuah laporan yang dikutip Shanghai Metals Market (SMM), setelah tiga perusahaan pengiriman peti kemas terbesar di dunia menangguhkan pengiriman ke Rusia, mengatakan bahwa banyak indikasi bahwa risiko geopolitik telah berubah menjadi gangguan pasokan. Ada tanda-tanda aliran logam di Rusia semakin terbatas karena masalah transportasi.

Rusia menyumbang sekitar 10% dari output nikel olahan secara global. Stok nikel global berada pada level terendah sejak 2019.

Dalam pada itu, Bloomberg melaporkan pasokan sangat ketat di Eropa. Lonjakan premi untuk logam tunai di Eropa telah mendorong para pedagang untuk beralih ke kapal break-bulk untuk mengirimkan logam jauh-jauh dari gudang di Port Klang Malaysia, bahkan sebelum perang pecah. (Fia/Editor: Rusdi)