PT Gag Nikel Kirim Tim dan Bantuan untuk Korban Bencana Gempa Cianjur

313
Menteri ESDM, Arifin Tasrif didampingi Direktur Operasi Gag Nikel, Arya Arditya Kurnia secara simbolis menyerahkan bantuan untuk korban bencana gempa di Cianjur diterima Sekda Cianjur, Cecep Alam Alamsyah, Kamis (24/11/2022). Foto: Nikel.co.id

NIKEL.CO.ID, Cianjur, Kamis 24 November 2022-PT Gag Nikel adalah perusahaan pertambangan nikel yang merupakan anak perusahaan PT Antam Tbk., yang beroperasi di Pulau Gag, Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Seperti yang sudah dilakukan selama ini PT Gag Nikel selalu bergerak dengan cepat menurunkan tim dan bantuan setiap kali terjadi musibah bencana seperti yang terjadi di Papua, Lombok, NTB, Bogor, dan Jakarta.

Manajemen PT Gag Nikel yang diwakili Direktur Operasi Arya Arditya Kurnia, secara simbolis menyerahkan bantuan untuk korban bencana gempa yang diterima oleh Tim Gabungan Tanggap Darurat Gempa Cianjur yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Cianjur Cecep Alamsyah, Direktur Optimasi Jaringan Logistik dan Peralatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Ibnu Asnur dan Muspida lainnya.

“Mewakili manajemen PT Gag Nikel saya turut berduka cita atas terjadinya musibah bencana gempa yang dialami saudara-saudara kita di wilayah Cianjur dan sekitarnya, pada Senin kemarin,” kata Arya Arditya Kurnia didampingi tim Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Gag Nikel.

Arya mengatakan, dari musibah bencana gempa ini tim PPM Gag Nikel langsung merespon dengan turun langsung ke lokasi gempa di Cianjur.

Ia menyampaikan, bantuan yang diberikan Gag Nikel dalam rangka meringankan beban para korban yang sedang mengalami musibah ini.

“Program bantuan bencana dari Gag Nikel merupakan program bidang sosial yang tidak hanya dilaksanakan di lingkar pertambangan Pulau Gag Papua Barat, tetapi juga di luar lingkar pertambangan, seperti yang kami lakukan di lokasi musibah bencana gempa di Cianjur ini,” jelasnya.

Ia menyebutkan, bantuan yang diberikan Gag Nikel antara lain berupa beras, sembako, selimut, obat-obatan, makanan instan, makanan dan pampers untuk balita, dan kebutuhan untuk wanita.

Tim PPM Gag Nikel saat mengirimkan bantuan untuk korban bencana gempa di Cianjur, Kamis (24/11/2022)

Tim Gabungan Tanggap Darurat Gempa Cianjur yang diwakili oleh Ibnu Asnur mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan untuk korban bencana gempa di Cianjur. Bantuan itu akan didistribusikan dan diberikan kepada para korban bencana.

Di tempat yang sama sebelumnya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif secara simbolis menyerahkan bantuan bencana kepada Sekda Kabupaten Cianjur Cecep Alamsyah, di Pendopo Bupati yang dijadikan posko utama penyerahan bantuan bencana, Kamis (24/11/2022).

Kementerian ESDM melalui Program ESDM Siaga Bencana melibatkan semua perusahaan pertambangan di bawah koordinasi Kementerian ESDM berpartisipasi memberikan bantuan untuk korban bencana gempa bumi berkekuatan 5,6 skala richter yang terjadi di wilayah Cianjur dan sekitarnya, pada Senin (21/11/2022) sekitar pukul 13.12 WIB.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (22/11) pukul 17.00 WIB, korban meninggal akibat gempa mencapai 268 jiwa, yang teridentifikasi 122 jenazah, yang masih hilang 151 orang, dan korban luka mencapai 1.083 orang.

Selain itu, gempa juga dilaporkan membuat rumah 22.198 unit rusak total.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengungkap tiga faktor yang membuat gempa bumi ini jadi amat merusak. Yakni, kedalaman gempa yang dangkal, struktur bangunan tidak memenuhi standar aman gempa, serta lokasi permukiman berada pada tanah lunak (local site effect-efek tapak) dan perbukitan (efek topografi).

Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto meminta agar seluruh donasi dan bantuan untuk korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, dikumpulkan di posko utama.

Adapun posko utama terletak di Pendopo Kantor Bupati Cianjur. Dengan demikian, ia berharap distribusi logistik tertib dan rapi sehingga dibagikan sama rata sesuai kebutuhan.

“Semua logistik baik dari pemerintah atau bantuan dari mana pun diharapkan melalui posko utama di depan Pendopo (Kantor Bupati Cianjur),” kata Suharyanto dalam konferensi pers secara daring, Rabu (23/11/2022).

Nantinya, bantuan yang terkumpul akan disimpan di dua gudang, salah satunya gudang milik BPBD. Lalu, setiap jam 8.00 pagi, para camat akan mengajukan kebutuhan di masing-masing kecamatan.

Kemudian, pada pukul 9.00 WIB, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Cianjur, TNI/Polri, BNPB, BPBD, serta petugas lainnya akan membawa logistik tersebut menggunakan truk.

“Kebutuhan dari logistik di tiap kecamatan segera pagi-pagi didorong ke kantor camat masing-masing,” ujar Suharyanto.

Selanjutnya, kepala desa dibantu Babinsa dan Babinkamtibmas segera mendistribusi bantuan tersebut ke titik-titik pengungsian. (Syarif)