Selasa, Mei 24
Shadow

Nobel Bagi Dividen CNC dalam Bentuk Barang Khusus

Noble Mineral Exploration Inc.

NIKEL.CO.ID,10 Maret 2022– Noble Mineral Exploration Inc.(Noble) baru saja mengumumkan bahwa dewan direksi menyetujui pembagian dividen dalam bentuk barang khusus dari saham biasa Canada Nickel Company Inc. (CNC). Jadi, tidak ada pecahan saham akan dibagikan sebagai bagian dari dividen.

Untuk diketahui, Nobel sebagai pemegang mayoritas saham dari CNC. Dewan direksi menyetujui rasio dividen akan menjadi 0,01725 bagian CNC per seluruh saham biasa dari Noble yang dimiliki (atau sekitar 1 bagian CNC per 58 saham Noble yang dimiliki). Bagian dari CNC yang didistribusikan terutama diakuisisi oleh Noble melalui transaksi yang baru-baru ini dibahas di berita Noble, rilis 20 Desember 2021.

Setelah dividen didistribusikan, Noble sudah ancang-ancang akan terus memegang hampir 2 juta saham biasa CNC. Jumlah saham tersebut tidak termasuk bagian tambahan dari CNC yang akan diterima Noble, jika pihaknya telah menyelesaikan transaksi yang diusulkan dengan CNC, yang harus disetujui oleh pemegang saham Noble di Rapat Umum Pemegang Saham pada 14 Maret 2022.

Direksi Noble telah menyetujui tentang dividen dan menetapkan penutupan bisnis bulan depan, tepatnya pada Senin, 18 April 2022. Direksi juga telah menetapkan bahwa dividen akan dibayarkan sekitar Senin, 25 April 2022.

Berdasarkan nilai saham CNC, dividen perusahaan ini sebanyak 25% dari nilai saham Noble saat ini. Tahap selanjutnya, pihak Bursa TSX Venture Exchange akan memperdagangkan saham Noble di dasar “tagihan jatuh tempo” mulai dari pembukaan perdagangan pada 14 April 2022 (hari perdagangan terakhir sebelum tanggal pencatatan) hingga penutupan bisnis pada 25 April 2022 (Periode tagihan jatuh tempo).

Tagihan jatuh tempo secara efektif merupakan hak untuk menerima dividen. Pemegang saham yang menjual saham Noble selama periode tagihan jatuh tempo juga akan menjual haknya atas dividen untuk pihak yang membeli saham Mulia tersebut. Saham biasa perusahaan akan dimulai diperdagangkan berdasarkan ex-dividen, atau tanpa hak atas dividen, sejak pembukaan perdagangan pada 26 April 2022 (hari perdagangan berikutnya setelah tanggal pembayaran dividen).

Tagihan jatuh tempo akan ditebus pada 27 April 2022, setelah semua perdagangan dengan tagihan jatuh tempo terlampir dimasukkan selama periode tagihan jatuh tempo telah lunas.

Sementara itu, Canadian Depository for Securities (CDS) dan tempat penyimpanan lainnya akan diberitahu tentang tanggal pembayaran dividen dan dividen. Pihak perusahaan akan berkoordinasi dengan CDS dan tempat penyimpanan lainnya untuk pengeluaran dan pembagian dividen.

Bagi pihak yang memegang saham biasa Noble melalui akun pialang, di mana saham Noble mereka disimpan melalui CDS atau penyimpanan lainnya, maka harus menghubungi pialang mereka untuk informasi lebih lanjut mengenai pembayaran dividen.

Pemegang terdaftar yang berhak atas dividen, adalah mereka yang memegang sertifikat saham Mulia
dan/atau saham Mulia di bawah Sistem Pendaftaran Langsung (DRS). Mereka akan menerima saham CNC melalui pernyataan DRS yang membuktikan saham CNC yang menjadi hak mereka berdasarkan dividen.

Pemegang saham yang memiliki pertanyaan mengenai perlakuan pajak atas dividen harus berkonsultasi dengan penasihat pajak mereka sendiri. Sejauh perusahaan memiliki informasi lebih lanjut untuk dibagikan mengenai perlakuan perpajakan atas dividen, perseroan akan memberikan informasi tersebut dalam arilis berita selanjutnya.

Dividen akan dibagikan secara pro rata, dan tidak ada pecahan saham atau uang tunai sebagai pengganti
daripadanya (atau bentuk pembayaran lainnya) akan dibayarkan sebagai bagian dari dividen. Sejauh
penerapan rasio dividen menghasilkan sebagian kecil dari bagian CNC jika tidak hutang, jumlah saham CNC yang akan dibagikan kepada pemegang saham akan dibulatkan ke bawah ke bilangan bulat terdekat.

Pemegang saham harus memperhatikan bahwa selain saham Noble yang saat ini beredar,
ada waran dan opsi yang beredar. Jika waran tersebut dilaksanakan, akan menghasilkan 26.935.289
saham tambahan dari Noble yang diterbitkan. Sejumlah, atau semua waran atau opsi tersebut
dapat dilakukan sebelum record date dari distribusi ini.

Perusahaan juga telah mengajukan Formulir 3E kepada Bursa untuk dividen, untuk memberitahukan kepada Bursa perihal record date, rasio dividen, dan isu-isu terkait. Dividen harus tunduk pada persyaratan apapun atas persetujuan regulator, termasuk persetujuan Bursa. (Laorentz/Syarif)