Ini Alasan Harum Energy Caplok Tambang Nikel Senilai US$ 80,32 Juta

NIKEL.CO.ID –  PT Harum Energy Tbk (HRUM) terus melebarkan sayapnya ke komoditas nikel. HRUM mengakuisisi 24.287 saham PT Position milik Aquila Nickel Pte Ltd melalui anak usahanya yakni, PT Tanito Harum Nickel.

Adapun jumlah saham tersebut setara dengan 51% dari modal yang ditempatkan dalam PT Position, dengan transaksi harga jual beli senilai US$ 80,32 juta. PT Position sendiri merupakan perusahaan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum di Indonesia dan memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) untuk komoditas nikel.

Direktur Utama Harum Energy Ray Antonio Gunara menyebut akuisisi saham dari PT Position merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk mengembangkan dan mendiversifikasi kegiatan usaha. Ray menyebut, dana untuk akuisisi ini seluruhnya berasal dari dana internal perusahan.

HRUM meyakini, komoditas nikel memiiliki prospek jangka panjang yang baik. “Ditopang dengan tingkat konsumsi komoditas tersebut yang diproyeksikan akan terus bertumbuh di masa depan,” terang Ray, Selasa (2/2/2021).

Meski demikian, saat ini emiten tambang batubara tersebur belum memiliki rencana menambah porsi saham dalam PT Position. Pun, HRUM belum memiliki rencana melakukan ekspansi ke komoditas selain nikel.

HRUM memang gencar melebarkan diversifikasinya ke sektor tambang nikel. Namun, Ray melihat sektor batubara tetap prospektif di masa depan, meskipun pergerakan harga batubara global akan tetap fluktuatif.

Dengan asumsi harga batubara yang lebih baik, HRUM akan berusaha meningkatkan produksi dan penjualan batubara tahun ini untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.

Sumber: kontan.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.