Beranda Berita Nasional Trade Expo Indonesia Ke-40 Siap Dongkrak Ekspor Nasional, Hadirkan 6.850 Buyer dari...

Trade Expo Indonesia Ke-40 Siap Dongkrak Ekspor Nasional, Hadirkan 6.850 Buyer dari 106 Negara

351
0
https://inassda.org/event/inassda-full-day-seminar-on-stainless-steel/

NIKEL.CO.ID, TANGGERANG — Pemerintah Indonesia optimis pelaksanaan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-40 akan memperkuat daya saing produk lokal di pasar global. Pameran dagang berskala internasional yang akan digelar pada 15–19 Oktober 2025 di ICE BSD City, Tangerang ini menargetkan transaksi sebesar US$ 16,5 juta, meningkat dari capaian tahun lalu.

“TEI merupakan satu-satunya ekspo internasional terbesar di Indonesia yang seluruh produknya berasal dari dalam negeri. Tahun ini, kita tampilkan sepenuhnya produk lokal yang akan kita promosikan secara global,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Fajarini Puntodewi, dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (30/9/2025).

Hingga saat ini, tercatat lebih dari 1.000 ekshibitor dari berbagai sektor telah mendaftar, termasuk 350 exhibitor dari sektor makanan dan minuman, serta 474 dari sektor fashion dan gaya hidup. Jumlah buyer internasional yang terkonfirmasi hadir mencapai 6.850 dari 106 negara, meningkat signifikan dari tahun lalu.

Kegiatan TEI 2025 akan terbagi dalam tiga kategori produk:1. Makanan & Minuman, Pertanian, dan Waralaba, 2. Manufaktur dan Jasa, 3. Lifestyle dan Produk Lainnya.

https://ni-cr-mn-stainlesssteelapac.metal.com/

Pameran ini juga dilengkapi dengan rangkaian side event seperti business matching, business counseling, dan business forum. Tahun ini, terdapat 55 forum bisnis yang akan mengangkat tema global seperti halal, sustainability, dan standardisasi internasional.

Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri, Denny Abdi, menegaskan bahwa diplomasi ekonomi menjadi bagian penting dalam promosi ekspor Indonesia.

“Di tengah kondisi global yang sedang lesu dengan pertumbuhan ekonomi dunia hanya 2,7 persen, acara seperti TEI menjadi peluang strategis untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing produk Indonesia,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa 132 perwakilan RI di luar negeri turut aktif mempromosikan TEI dan menjaring buyer potensial.

“Kami tidak hanya mempromosikan produk, tapi juga mencari investasi dan teknologi yang bisa mendukung transformasi industri dalam negeri,” tambah Denny.

https://minerbaexpo.com/
https://minerbaexpo.com/

Sementara itu, Government Business Head Bank Mandiri, Heru Rizky Jiwayani, sebagai official bank partner TEI 2025, menyatakan dukungan penuh terhadap para pelaku usaha, khususnya UMKM.

“Kami menghadirkan solusi keuangan yang efisien, termasuk advisory dan layanan ekspor melalui platform digital untuk mempermudah akses pasar global,” ujar Rizky dalam kesempatan yang sama.

Direktur Utama PT Debindomulti Adhiswasti, Vibiadhi Swasti Pradana, selaku penyelenggara, menambahkan bahwa tahun ini TEI juga menghadirkan penghargaan “Loyal Exhibitor” serta “Journalist Award” bagi media yang aktif mempublikasikan TEI.

“Tahun ini kami menambahkan mekanisme business matching lebih awal sebelum pameran dimulai. Jadi, buyer dan exhibitor sudah dipertemukan sejak awal untuk meningkatkan efektivitas transaksi,” jelas Vibiadhi.

Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekspor sebesar 7,1 persen pada tahun 2025–2026 sejalan dengan visi Indonesia menjadi negara maju.

“Ekspor adalah kunci untuk mencapai pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan pendapatan per kapita yang lebih tinggi,” tegas Fajarini.

Dengan dukungan lintas kementerian, mitra swasta, serta jaringan diplomasi global, Trade Expo Indonesia 2025 diharapkan menjadi momentum penting dalam mendorong transformasi ekonomi dan memperkuat posisi Indonesia sebagai pemain utama dalam perdagangan internasional. (Shiddiq)