Beranda April 2024 Menteri ESDM Ajak Perusahaan Belanda Investasi di Bidang Energi Bersih & Industri...

Menteri ESDM Ajak Perusahaan Belanda Investasi di Bidang Energi Bersih & Industri Hilir

970
0

NIKEL.CO.ID, JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, mengajak perusahaan Belanda untuk berinvestasi di Indonesia membangun energi bersih hingga pengembangan industri hilir.

Hal itu disampaikan Arifin ketika berkunjung ke Negeri Kincir Angin, Senin (22/4/2024). Dalam kunjungan kerja itu, ia diterima langsung Deputy Prime Minister dan Minister for Climate and Energy Policy Belanda, Rob Jetten.

“Kami mengundang perusahaan Belanda untuk dapat melakukan investasi di bidang energi bersih dan infrastruktur ketenagalistrikan antarpulau di Indonesia. Indonesia juga memiliki sumber mineral yang dapat mendukung pelaksanaan transisi energi dan membuka kerja sama dalam pengembangan industri hilir,” katanya dalam pertemuan bilateral tersebut, yang dikutip dari keterangan pers Kementerian ESDM, Jumat (26/4/2024).

Mengenai kunjungan rekannya itu Menteri Rob Jetten mengatakan, pihaknya menyambut baik peluang kerja sama dengan Indonesia. Ia akan mengajak badan usaha Belanda, termasuk badan usaha di Uni Eropa.

“Dan mengonsolidasikan dukungan pendanaan dan investasi pengembangan infrastruktur ketenagalistrikan serta energi baru dan terbarukan,” janjinya.

Pertemuan bilateral ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MOU kerja sama Indonesia dan Belanda pada On Cooperation in The Field of Energy Transition to Combat Climate Change di tengah penyelenggaraan Energy Transitions Ministerial Meeting G20 (ETMM), 1 September 2022. Kedua juga menyaksikan penandatanganan Joint Study Agreement (JSA), kerja sama antara PT Pertamina Power Indonesia dan Pondera Development BV. (Shiddiq)