Srikandi APNI Berulang Tahun, Ketum: Ibu Meidy Laik Mendapat Gelar DHC

490
Ketum APNI ucapkan selamat HUT kepada Meidy Katrin Lengkey
Sekjen APNI, Meidy Katrin Lengkey mendapat surprise di hari ulang tahunnya pada 21 April 2022

NIKEL.CO.ID, 21 April 2022-Waktu menunjukkan pukul 12.30 WIB, ketika para karyawan Asosiasi Penambang Nikel Indonesia Indonesia (APNI) masuk ke ruang kerja Meidy Katrin Lengkey pada Kamis (21/4/2022). Salah satu karyawan wanita membawa kue yang di atasnya menyala dua buah lilin kecil, diiringi lagu ‘Happy Birthday.’

Ya, hari ini Sekretaris Jenderal APNI, Meidy Katrin Lengkey, tengah merayakan kebahagian di hari kelahirannya. Teristimewa, HUT wanita berkulit putih  ini bertepatan dengan hari kelahiran Pejuang Nasional sekaligus pelopor emansipasi wanita Indonesia, Raden Adjeng Kartini, tanggal 21 April.

Sama-sama berjuang di masa berbeda, wanita yang akrab disapa Meidy oleh rekan sejawatnya ini mendapat gelar Best Inspiring Women oleh Pusat Rekor Indonesia, pun penghargaan itu dalam rangka memperingati Hari Kartini pada 21 April 2021.

Di kalangan dunia pertambangan, khususnya komoditas nikel, sosok wanita ini sudah tidak asing lagi, baik di kancah nasional maupun internasional. Meidy kerap diminta pandangannya seputar perkembangan pertambangan nikel. Tak hanya itu, melalui wadah APNI, dia juga vocal menyuarakan aspirasi yang tengah dihadapi para pelaku penambang nikel di sektor hulu. Sebut saja, mulai dari standarisasi harga penjualan bijih nikel, upaya pemaksimalan nilai tambah nikel, bahkan tak sungkan memberi masukan hingga kritikan terkait kebijakan pemerintah yang dinilai kurang pro rakyat.

PT Media Nikel Indonesia yang mengelola media massa cetak: Majalah MNI dan elektronik: Nikel.co.id dan NikelTV, Meidy Katrin Lengkey diminta perusahaan sebagai Dewan Penasihat, karena kapabilitas dan kredibilitasnya yang memahami sektor pertambangan mineral logam dari hulu ke hilir.

Tak banyak kata yang disampaikan Meidy ketika diminta harapan di hari ulang tahunnya.

“Harapan saya, semoga APNI, MNI, dan teman-teman semua sehat, makin sukses,”  kata Meidy.

Diminta pandangannya soal emansipasi wanita, dirinya mengatakan, emansipasi tidak hanya untuk kaum wanita, tapi untuk semua insan di Indonesia.  Sesuai dengan Buku “Habis Gelap Terbitlah Terang” yang berisi kisah hidup dan perjuangan RA Kartini, Meidy Katrin Lengkey pun berharap,” Semoga setelah musibah pandemik Corona-19, bangsa Indonesia bisa bangkit dan rakyat Indonesia bisa kembali menjalankan aktivitas dan berkreasi sesusai bidangnya masing-masing. Kita semua bisa terbebas dari sisi kegelapan dan meraih kehidupan yang terang benderang.”

Harapan dari Ketum APNI

Ketua Umum APNI, Nanan Soekarna turut mengucapkan selamat hari ulang tahun dan memberikan harapan-harapan kepada rekan satu organisasi di APNI, Meidy Katrin Lengkey.

“Bertepatan bangsa Indonesia memperingati Hari Kartini hari ini, kita bangga kepada Ibu Meidy atas kiprahnya di APNI,” kata Nanan Soekarna.

Ketum APNI, Nanan Soekarna ucapkan selamat HUT kepada Meidy Katrin Lengkey

Ia juga mengingatkan bahwa hari ini ada webinar yang diselenggarakan National Battery Reseach Institue (NBRI) yang mengangkat tema: ‘Peran Perempuan dalam Mendukung Transisi Energi Menuju Net-Zero Emission’.  Pesertanya dari kaum perempuan bergelar profesor dan doktor.

“Jangan salah, Ibu Meidy ini juga doktor khusus di lapangan. Kalau profesor dan doktor itu kan hanya di kelas.  Ibu Meidy sudah laik menjadi Doctor Honoris Causa (DHC), gelar doktor kehormatan atas kredibilitas, kapabilitas, dan kiprahnya di bidang nikel,” tutur Nanan.

Pada kesempatan itu, Nanan Soekarna menaruh harap kepada Pengurus DPP APNI bisa memenuhi aspirasi para pelaku dan pengusaha pertambangan nikel.

“Saya yakin visi, misi, dan tujuan organisasi APNI bisa terwujud,” Nanan Soekarna berharap.

Terlihat para pengurus DPP APNI dan rekan sejawat Meidy Katrin Lengkey turut menyemarakkan suasana di hari kelahirannya. (Red)