Beranda Berita Nasional Pantas Dikejar Dunia, Ternyata Ini Manfaat Nikel untuk Berbagai Kebutuhan

Pantas Dikejar Dunia, Ternyata Ini Manfaat Nikel untuk Berbagai Kebutuhan

4418
0

NIKEL.CO.ID, 06 Desember 2022– Nikel merupakan salah satu logam mineral dengan warna dasar putih keperakan yang mengkilap serta sedikit keemasan dan keras.

Namun banyak sekali saat ini negara-negara yang mengejar nikel khususnya nikel Indonesia.

Pada beberapa pekan lalu Presiden Indonesia Joko Widodo mengaku kaget saat mengetahui ternyata banyak sekali negara-negara yang bergantungan pada sumber daya alam (SDA) Indonesia yang memiliki ekonomi yang tinggi yaitu nikel.

Jokowi juga menjelaskan bahwa nikel saat ini banyak sekali yang memburu, (SDA) Indonesia satu itu menjadi promadona para negara asing, sebab nikel merupakan hasil tambang yang tentunya memiliki sejumlah manfaat bagi kehidupan manusia.

Menguntip laman Website Tribhakti, Selasa, (6/12/2022) Nikel adalah mineral tambang yang memiliki sifat lentur meski teksturnya tampak keras. Pertama kali ditemukan di tahun 1971. Dan juga memiliki warna yang kemasan dan sedikit mengkilap.

Maka dari itu nikel sendiri sangat dibutuhkan oleh kehidupan manusia diantarnya seperti

1. CAMPURAN PEMBUATAN STAINLESS STEEL

Dianggap sebagai logam pengotor tembaga sebelum diketahui manfaatnya, logam ini memiliki fisik yang tahan paparan suhu ekstrem dan juga karat. Karena itu, nikel digunakan sebagai bahan dasar pembuatan alat dapur, seperti sendok, garpu, wajan, dan lain sebagainya.Besi dan krom, sebagai bahan pelengkap nikel dalam produksi, menjadikan karakter logam tahan akan suhu dan oksidasi. Selain itu, ketiga bahan ini mampu menjadi konduktor listrik.

2. MATERIAL PRODUKSI BATERAI ISI ULANG

Tingkat kebutuhan baterai dipastikan akan terus meningkat, terlebih makin maraknya barang-barang yang hanya aktif jika dipasangkan baterai. Melihat kelebihan mineral yang ditemukan Cronstedt (1971), salah satunya kepadatan energi yang tinggi, akhirnya nikel dijadikan material pembuatan baterai.

Baterai yang terbuat dari nikel bukan baterai biasa, melainkan baterai yang bisa diisi ulang. Salah satu contoh teknologi yang menggunakan baterai berbahan nikel adalah smartphone.

Di samping itu, beberapa kendaraan yang menggunakan bahan bakar listrik juga memilih baterai dengan material nikel. Kelebihan lain baterai nikel adalah daya tampung baterainya yang besar.

3. BAHAN MEMBUAT KOIN

Manfaat nikel selanjutnya adalah sebagai bahan dalam membuat uang koin. Logam tambang dengan tekstur keras ini memiliki sifat lembut sehingga mudah dibentuk, terlebih ketika baru diambil dari pertambangan.

Selain itu, sifatnya yang anti karat membuat nikel dianggap lebih baik dibanding aluminium. Mineral dengan lambang Ni dipilih Bank Indonesia sebagai bahan utama membuat uang logam Rp1000 di tahun 2010.

4. MATERIAL KERANGKA OTOMOTIF

Beberapa kerangka dalam kendaraan, seperti knalpot, bumper, velg, menggunakan nikel sebagai material pelapis. Hal ini dikarenakan nikel mampu membuat kendaraan tampak lebih mengilap dan terhindar dari karat di waktu dekat.

Pembuatan kerangka kendaraan menggunakan baja dengan unsur nikel di dalamnya juga disebut mampu mengurangi lecet akibat benturan. Nikel mampu menyerap energi dari benturan tersebut.

Kualitas kendaraan disebut bisa lebih tahan lama dengan pelapisan material logam bernomor 28 ini. Selain itu, di dunia otomotif, nikel juga biasa dipakai sebagai pemercantik kendaraan.

5. CAMPURAN DALAM PEMBUATAN MONEL

Selain sebagai material pembuatan stainless steel untuk alat dapur, manfaat nikel juga dipakai sebagai campuran membuat monel. Jika Anda masih asing dengan kata monel, ini merupakan logam yang biasa digunakan sebagai material alat dapur juga.

Kandungan nikel dalam monel cukup tinggi, yakni 67 persen. Sisanya menggunakan unsur lain, seperti sulfur dan tembaga dengan kadar sebesar 30 persen.

6. CAMPURAN BESI BAJA

Penggunaan nikel sebagai campuran pembuatan besi baja mampu membuat barang itu lebih kuat dibanding menggunakan aluminium. Di sisi lain, kelebihan nikel yang anti karat menjadikan besi baja lebih tahan korosi dibanding besi baja murni.

Logam kuat yang telah dicampur material berwarna putih perak ini biasa digunakan untuk fondasi jembatan. Selain itu, pembuatan jalan layang, gedung bertingkat, serta rel kereta api juga menggunakan besi baja campuran nikel sebagai materialnya.

Salah satu bangunan yang menggunakan besi baja campuran nikel adalah Empire States Building. Bangunan itu telah berdiri lebih dari 50 tahun dan masih kokoh hingga saat ini.

7. MATERIAL SENJATA MILITER

Di bidang militer, manfaat nikel dipakai sebagai bahan dasar dalam pembuatan senjata. Selain itu, baju besi serta pelat baja sebagai pengaman tentara juga dibuat dari material nikel.

Nikel dipercaya lebih kokoh dan kuat untuk alat perang atau kegiatan kemiliteran lainnya. Sementara di bidang militer laut, kendaraan laut merupakan barang yang memanfaatkan bahan nikel agar tahan korosi dan oksidasi.

8. PELAPIS LUNAR MODULE

Lunar module sebagai alat landing pesawat ruang angkasa harus dipastikan aman dari segala masalah, seperti panasnya matahari. Jika hanya menggunakan material berupa besi, alat ini dipastikan akan mudah terbakar.

Namun, dengan menggunakan nikel sebagai pelapis permukaan lunar module, itu dipastikan aman dari panasnya sengatan matahari. Pasalnya, kelebihan lain nikel ialah tahan panas.

9. PELAPIS KALENG

Struktur dalam logam berbobot 58,71 ini menjadikannya sangat baik digunakan sebagai pelapis kaleng. Manfaat nikel pada kaleng di industri makanan membuat kaleng terjamin lebih awet karena sifat nikel yang anti karat.

Memanfaatkan kaleng dengan pelapis nikel sebagai wadah penyimpanan makanan siap saji terbilang lebih baik. Dengan jaminan tahan lama, Anda bisa menggunakan bekas kaleng makanan untuk dijadikan kreasi rumahan atau sebagai wadah makanan lagi.

10. PLATING

Nikel dipilih sebagai pengganti larutan elektrolit dalam pelapisan logam karena sifatnya yang tidak mengganggu elektromagnetik. Selain itu, material ini memiliki daya gesek yang terbilang rendah dibanding senyawa elektrolit.

Dikenal dengan sebutan electroless nickel plating atau nickel plating, pelapisan barang elektronik dengan nikel dipercaya membuat tampilan barang berbeda. Kesan menarik akan timbul dari barang itu.

Hal itulah yang membuat cukup banyak produsen barang memilih nikel dibanding logam lainnya. Kelebihan-kelebihan dari nikel membuatnya cukup bernilai tinggi.

Tidak hanya itu Jokowi juga sudah mengecek siapa saja negara-negara yang bergantung pada Indonesia.

“setelah saya cek ternyata banyak sekali yang bergantung (nikel) pada kita” ungkapnya

Dan kepada dunia ia menegaskan bahwa Indonesia jangan mudah memberikan hasilnya kepada negara lain, sedangkan negara kami sendiri masih banyak kekurangan, dalam keputusan ini tentunya banyak yang keliru. (Fia/Editor:Syarif)

Artikulli paraprakMarak Tambang Ilegal di Sumut Jadi Sorotan Anggota DPR, Minta Polda Lakukan Tindakan Hukum
Artikulli tjetërDirektur Akreditasi Laboratorium BSN Ungkap Sumber Kesalahan Laboratorium Uji Komoditas