Menteri ESDM Melantik 26 Pejabat Eselon I dan II, Ini Harapan APNI

652
APNI ucapkan selamat sekaligus menyampaikan harapan kepada pejabat yang baru saja dilantik Menteri ESDM, Arifin Tasrif
APNI ucapkan selamat sekaligus menyampaikan harapan kepada pejabat yang baru saja dilantik Menteri ESDM, Arifin Tasrif

NIKEL.CO.ID, 11 April 2022-Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, melantik 26 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I) dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) di lingkungan Kementerian ESDM hari ini, Senin (11/4/2022).

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama, Kementerian ESDM dalam siaran pers mengtakan, pelantikan pada hari ini merupakan pengukuhan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya Kementerian ESDM sebanyak sepuluh orang sebagai tindak lanjut ditetapkannya Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2021 tentang Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan satu Pejabat Pimpinan Tinggi Madya promosi Seleksi Terbuka, yaitu Muhammad Wafid A.N, sebagai Staf Ahli Bidang Lingkungan Hidup dan Tata Ruang, serta 15 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang mengalami rotasi.

“Pelantikan 26 Pejabat Eselon I dan Eselon II dilaksanakan di Gedung Arsip Kementerian ESDM, Tangerang Selatan, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama, Kementerian ESDM.

Pejabat Pimpinan Tinggi Madya  dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik Senin ini sebagai berikut:

  1. Ir. Ego Syahrial, M.Sc tidak berubah posisinya dari jabatan Sekretaris Jenderal kembali dilantik sebagai Sekretaris Jenderal, Kementerian ESDM .
  2. Ir. Tutuka Ariadji, M.Sc., Ph.D., IPU, menempati posisi yang sama dari jabatan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, kembali dipercayakan sebagai Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Ditjen Minyak dan Gas Bumi.
  3. Rida Mulyana, M.Sc, menempati posisi sama dari jabatan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan kembali menjabat Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Ditjen Ketenagalistrikan.
  4. Ir. Ridwan Djamaluddin, M.Sc juga kembali dipercaya menempati posisi Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Ditjen Minerba.
  5. Ir. Dadan Kusdiana, M.Sc, kembali dilantik dalam jabatan yang sama sebagai Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM.
  6. Dr. Akhmad Syakhroza, S.E., MAFIS jabatannya tak bergeser dari jabatan Inspektur Jenderal kembali dilantik sebagai Inspektur Jenderal, Kementerian ESDM.
  7. Ir. Eko Budi Lelono juga menempati posisi yang sama sebagai Kepala Badan Geologi, Badan Geologi.
  8. Prahoro Yulijanto Nurtjahyo, Ph.D. dari jabatan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral kembali dilantik sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian ESDM.
  9. Yudo Dwinanda Priaadi, M.S. dari jabatan Staf Ahli Bidang Perencanaan Strategis kembali menjabat Staf Ahli Bidang Perencanaan Strategis, Kementerian ESDM.
  10. Sampe L. Purba, M.Com. dari jabatan Staf Ahli Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam kembali dilantik sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam, Kementerian ESDM.
  11. Ir. Muhammad Wafid A.N., M.Sc. dari jabatan Direktur Penerimaan Mineral dan Batubara Ditjen Minerba dilantik sebagai Staf Ahli Bidang Lingkungan Hidup dan Tata Ruang Kementerian ESDM.
  12. Setyorini Tri Hutami, M.M. dari jabatan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi, Lemigas menempati posisi baru sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Ditjen Minyak dan Gas Bumi.
  13. Mirza Mahendra, S.T., M.T., M.M. dari jabatan Inspektur IV Inspektorat Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menduduki pos baru sebagai Direktur Teknik dan Lingkungan Minyak dan Gas Bumi Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi.
  14. Ida Nuryatin Finahari, M.Eng dari jabatan Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan dilantik sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan.
  15. Wanhar dari jabatan Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan dilantik sebagai Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan.
  16. Jisman P. Hutajulu, M.M dari jabatan Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan dilantik sebagai Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan.
  17. Mohammad Priharto Dwinugroho, M.S.E dari jabatan Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral dilantik sebagai Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan.
  18. Iman Kristian Sinulingga dari jabatan Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara, dan Panas Bumi, Badan Geologi menempati posisi Sekretaris Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara.
  19. Yose Rizal, M.Si dari jabatan Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Inspektorat Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menempati posisi Direktur Penerimaan Mineral dan Batubara, Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara.
  20. Sunindyo Suryo Herdadi, S.T., M.T. dari jabatan Direktur Pembinaan Program Mineral dan Batubara, Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, menempati posisi Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara, Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara.
  21. Andiani, M.T. dari jabatan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi menempati posisi baru sebagai  Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Inspektorat Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.
  22. Alimuddin Baso, S.T., M.A.B dari jabatan Sekretaris Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi menjabat Inspektur IV Inspektorat Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.
  23. Ir. Hariyanto, M.T dari jabatan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi, Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral menjabat Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara, dan Panas Bumi, Badan Geologi.
  24. Ir. Hendra Gunawan dari jabatan Kepala Pusat Survei Geologi, Badan Geologi menempati posisi sebagai Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi.
  25. Hermansyah, M.Si dari jabatan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara, Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral menjabat posisi Kepala Pusat Survei Geologi, Badan Geologi.
  26. Wakhid Hasyim, M.T dari jabatan Direktur Teknik dan Lingkungan Minyak dan Gas Bumi, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi menjabat Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral.

Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI) mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya para pejabat Eselon I dan Eselon II, terkhusus di lingkungan Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara, yaitu:

  1. Ir. Ridwan Djamaluddin, yang kembali menjabat sebagai Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Ditjen Minerba.
  2. Iman Kristian Sinulingga, sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara.
  3. Yose Rizal, M.Si, sebagai Direktur Penerimaan Mineral dan Batubara, Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, dan
  4. Sunindyo Suryo Herdadi, S.T., M.T, sebagai Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara, Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara.

“Harapan pelaku penambang nikel Indonesia, semoga kinerja di lingkungan Direktorat Jenderal Minerba lebih baik dan lebih responsif dari sebelumnya, dan APNI bisa bekerja sama dalam mendukung program-program kerja pemerintah sesuai regulasi pertambangan yang ada demi tercapainya penambangan nikel yang berdaya guna dan membawa manfaat untuk rakyat, pemerintah pusat dan daerah, serta seluruh pelaku usaha pertambangan nikel Indonesia dan terciptanya keseimbangan alam,” papar Meidy Katrin Lengkey. (Syarif)